oleh

Serahkan Genta, Perbekel Carangsari Jalin Paiketan Pemangku se-Desa Dinas Carangsari

Bali, faktapers.id – Rabu (26/6/19), berlangsung penyerahan genta beserta sarana pendukung upacara keagamaan yang bertempat di ruang rapat Kantor Desa Carangsari. Acara penyerahan genta ini diserahkan langsung oleh Perbekel Carangsari I Nyoman Artawa dengan didampingi oleh Ketua LPM yang juga sebagai Jero Mangku Dalem Puri.

Acara ini dihadiri oleh 42 pemangku dari 3 desa adat yang ada di Desa Dinas Carangsari yakni Desa Adat Carangsari, Desa Adat Samuan dan Desa Adat Anggungan.

Dalam sambutannya Perbekel Carangsari mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku atau juga disebut juru canang yang ada di seluruh Desa Dinas Carangsari.

“Kegiatan ini seyogyanya adalah perpanjangan dari program pemerintah Provinsi Bali maupun Kabupaten Badung, di mana untuk meningkatkan Sradha Bhakti terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa perlu diadakannya penyerahan bantuan Genta dan Sarana Upacara Keagamaan Umat Hindu.

Selain Perbekel para pemangku juga menanggapi sambutannya dengan memberikan usulan-usulan positif kepada perbekel mengenai pemangku sebagai juru canang di khayangan tiga usulan tersebut di antaranya adalah membentuk paiketan pemangku di Desa Dinas Carangsari sebagai wadah atau forum berdiskusi mengenai masalah pemangku maupun keagamaan yang juga bertujuan mempererat tali persaudaraan antar pemangku yang ada di Desa Carangsari.

Usulan lainnya yaitu pemangku hendak lebih diperhatikan dari sisi pakaian dan peningkatan sradha bhakti agar kedepan pemangku di Desa Carangsari diberi bantuan baju dan kamen dan diajak Tirta Yatra ke pura yang ada di luar Bali.

Usulan tersebut pun ditanggapi dengan baik oleh Perbekel Carangsari dan kedepannya akan dianggarkan pada APBDes 2020. Ans

Komentar

News Feed