Headline

Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama, Kodam IX/Udayana Gelar Komsos dengan Aparat Pemerintah Bali

×

Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama, Kodam IX/Udayana Gelar Komsos dengan Aparat Pemerintah Bali

Sebarkan artikel ini

Bali, faktapers.id – Tujuan diadakannya Komunikasi Sosial (Komsos) antara Kodam IX/Udayana dengan Aparat Pemerintah Provinsi Bali adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit Kodam IX/Udayana dengan Lembaga Kementerian/LPNK untuk kepentingan pertahanan negara, menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara serta Wawasan Kebangsaan bagi Aparat Pemerintah di daerah guna menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya untuk tercapainya tugas pokok TNI AD.

Demikian yang disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri dihadapan para peserta Komsos yang digelar Kodam IX/Udayana pada Jumat (28/6/2019) pagi tadi di Aula Udayana, Makodam IX/Udayana.

Pangdam juga menyampaikan, bahwa Komsos merupakan salah satu metode pembinaan teritorial yaitu wahana untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk seluruh komponen bangsa termasuk Aparat Pemerintah. Sehingga dalam acara Komsos antara Prajurit TNI AD khususnya Kodam IX/Udayana dengan Aparat Pemerintah Provinsi Bali sangat perlu dijaga dan terus ditingkatkan agar dapat menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek seperti geografi, demografi dan kondisi sosial khususnya di wilayah Provinsi Bali.

Agar pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai yang diharapkan, maka dalam Komunikasi Sosial kali ini sasaran yang ingin dicapai adalah terjalinnya kerjasama yang semakin erat antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah dalam mendukung kebijakan Pimpinan TNI AD Tahun 2019 di bidang Teritorial serta tercapainya pemahaman tentang 4 Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Selanjutnya tercapainya pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan guna menyukseskan program Pemerintah Republik Indonesia di daerah, dan juga terwujudnya jalinan kerja sama dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat serta mencegah segala kemungkinan ancaman, hambatan dan gangguan yang dapat mengganggu kesuksesan pelaksanaan pembangunan nasional,” tambah Pangdam.

Hal tersebut diharapkan selaras dengan tema Komsos kali ini yakni “Melalui Komunikasi Sosial Dengan Aparat Pemerintah, Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama Guna Menyiapkan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya Untuk Tercapainya Tugas Pokok TNI”.

Di sela-sela acara, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menyampaikan, bahwa kegiatan Komunikasi Sosial yang menjadi program tugas TNI AD adalah sesuai dengan tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-Undang RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI pada tugas OMSP, yang salah satunya disebutkan ‘Membantu tugas pemerintahan di daerah’.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Irdam IX/Udy, Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU, para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Gubernur Bali (diwakili), Kapolda Bali (diwakili), perwakilan dari Forkopimda, Para Kadis dan Kepala Pemerintah Daerah Provinsi Bali, Kanwil Kementerian Provinsi Bali, BUMN wilayah Bali, Lanal Denpasar dan Lanud Bandara Ngurah Rai serta Tamu undangan Aparat Pemerintah Daerah Provinsi Bali lainnya sebanyak 108 orang. Ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *