oleh

Ciptakan Wirausaha Baru, Dekranasda Gandeng Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Takalar

Takalar, faktapers.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Takalar Dr. Hj. Irma Andriani, S.Pi, M.Si, membuka kegiatan penciptaan wirausaha baru melalui Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Paket I, II, III, dan IV di Gedung PKK Kabupaten Takalar, Sabtu (20/7/19) pagi.

Kegiatan penciptaan wirausaha baru ini merupakan kerjasama antara Dirjen Binapenta Kemnaker RI dengan Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Takalar.

Kelompok wirausaha rintisan Dekranasda Takalar dari empat desa hadir dalam pelatihan dan pembekalan TKM tahun 2019 tersebut. Masing-masing merupakan kelompok wirausaha kerajinan anyaman, alat tenun manual, pembuat batu bata merah, serta rumah kemasan dan hidroponik.

Ketua Dekranasda Takalar, Dr. Irma Andriani, S.Pi, M.Si menjelaskan bahwa penciptaan wirausaha baru melalui TKM ini merupakan salah satu langkah realisasi program Pemerintah Kabupaten Takalar dalam P22 yaitu membuka 10.000 lapangan kerja baru.

“Salah satu misi Pemkab Takalar yaitu penyerapan 10 ribu tenaga kerja dan ini merupakan salah satu cara kita untuk menyerap tenaga kerja potensial di Takalar, dengan berwirausaha,” Jelas Dr. Irma Andriani.

Salah satu program Dekranasda Kabupaten Takalar, yaitu pembentukan sentra kerajinan, dan saat ini beberapa sedang dirintis seperti sentra kerajinan gerabah dan sentra anyaman.

“Harapan kami wirausahawan kita hari ini benar-benar bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga, serta mengurangi pengangguran serta peningkatan tenaga kerja lokal,”  harap Ketua Dekranasda Takalar. Kartia

Komentar

News Feed