Sabtu, April 17, 2021
BerandaJawaDewan Kesenian Siap Gelar Ketoprak Kolosal Kolaborasi Pejabat dan Seniman Malam Ini

Dewan Kesenian Siap Gelar Ketoprak Kolosal Kolaborasi Pejabat dan Seniman Malam Ini

Klaten, faktapers.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten tahun 2019, Dewan Kesenian Kabupaten Klaten siap menggelar ketoprak kolosal kolaborasi antara jajaran pejabat, seniman, dan seniwati yang didukung insan pers, kalangan pengusaha dan Duta Wisata Indonesia Kabupaten Klaten yang akan diadakan di Alun-alun Klaten, Rabu , (31/7/19) malam ini .

Ketoprak kolosal yang mengangkat cerita Sunan Pandanarang tersebut juga didukung anggota TNI Kodim 0723 Klaten dan anggota polisi Polres Klaten sebagai pemeran.

Ketua Harian Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, FX Setyawan di sela-sela gladi bersih di Alun-alun Klaten, Selasa, (30/7/19) mengatakan, ketoprak kolosal kolaborasi pejabat dan seniman ini melibatkan berbagai pejabat penting sebagai pemeran antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Klaten Sri Mulyani.

Kemudian, lanjut Setyawan, juga ditampilkan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Klaten Albertus Usada, Asisten 1 Sekda Klaten Rony Roekmito, yang memerankan tokoh Sunan Pandanaran.

Kemudian juga tampil sebagai pemeran Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono, Camat Karangnongko Joko Supriyanto serta juga didukung beberapa pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Klaten.

Total jumlah pemeran dalam ketoprak itu, ujar Setyawan, sebanyak 215 orang, maka dari itu juga didukung Duta Wisata Indonesia Kabupaten Klaten dan anggota TNI, serta anggota polisi sebagai pemain.

Melalui cerita Sunan Pandanaran juga diungkap peran Sunan Pandanaran dalam dakwah Islam di Jawa Tengah bagian selatan khususnya di Kabupaten Klaten termasuk pemberian nama Dusun Wedi yang kini menjadi Kecamatan Wedi dan pemberian nama sejumlah kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Untuk menyukseskan pentas ketoprak kolosal tersebut, tegas Setyawan, Dewan Kesenian Klaten melibatkan tim produksi masing-masing artistik dari Omah Wayang, komposer Suwito Wawan Sarlair, koreografer Dance Commite, sutradara Joko Krisnanto, manajer FX Setyawan produser Rony Roekmitos dan eksekutif produser Ketua Dewan Kesenian Klaten Sunarna .

Setyawan mengajak komponen masyarakat Klaten untuk berbondong-bondong ke Alun-alun Klaten menyaksikan pentas ketoprak kolosal kolaborasi jajaran pejabat dan seniman Klaten pada Rabu (31/7/19) di Alun-alun Klaten mulai pukul 19.00 WIB sampai selesai.

Diharapkan melalui pentas ketoprak kolosal tersebut dapat memberikan pemahaman tentang perjuangan Sunan Pandanarang dalam syiar Islam di Kabupaten Klaten serta dapat memberikan hiburan bagi warga Klaten. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments