oleh

Diduga Ada Kejanggalan, Tersangka Penganiayaan Siswa SMA Taruna Indonesia Gugat Polisi Rp 1 Miliar

Jakarta, faktapers.id – Tersangka penganiayaan yang menyebabkan tewasnya DBJ (14) siswa baru SMA Semi Militer Plus Taruna Indonesia, Palembang, Obby Frisman Arkataku (24), menggugat Polresta Palembang Rp 1 miliar. Gugatan itu disampaikan Obby melalui permohonan praperadilan yang telah dilayangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Palembang.

Kuasa hukum Obby, Suwito Winoto mengatakan, pihaknya menggugat Polresta Palembang untuk membayar ganti rugi imaterial atas penetapan tersangka, penangkapan, serta penahanan yang dianggap tidak sah.

Hal itu menyebabkan Obby kehilangan kebebasan, menimbulkan trauma psikologis baik Obby dan keluarganya, serta tercemarnya nama baik yang bersangkutan.

“Kerugian imaterial tidak dapat dinilai dengan uang sehingga dibatasi dengan jumlah Rp 1 miliar. Selain itu kami pun menggugat ganti rugi material Rp 50 juta karena klien kami kehilangan penghasilannya,” kata Suwito, Jumat (26/7/19).

Suwito menerangkan, dalam gugatan praperadilan, pihaknya memohon kepada PN Palembang untuk menyatakan penetapan tersangka, penangkapan, serta penahanan yang dilakukan penyidik Polresta Palembang terhadap Obby tidak sah.

“Kami memohon agar Pengadilan Negeri mengeluarkan klien kami dari penahanan dan memerintahkan Polresta Palembang untuk memulihkan nama baik klien kami,” ujar dia.

Sementara itu, Juru Bicara Pengadilan Negeri Palembng, Hotnar Simarmata mengatakan, pihaknya menerima berkas permohonan praperadilan pada Senin (22/7/19) lalu dan segera menetapkan majelis hakim.

“Setelah penetapan hakim, maka ditetapkan jadwal sidang perdana pada Rabu 31 Juli. Sidang perdana diagendakan pembacaan gugatan kepada kepada Kapolresta Palembang sebagai pihak termohon,” ujar Hotnar.

Keluarga Obby menduga ada kejanggalan dalam penetapan tersangka tersebut. Kuasa hukum Obby akhirnya melakukan investigasi mandiri dan mengumpulkan sejumlah bukti hingga akhirnya mengajukan permohonan praperadilan ke PN Palembang.

Sebelumnya, Obby ditetapkan sebagai tersangka atas tewasnya DBJ (14) saat masa orientasi sekolah (MOS) di SMA Semi Militer Plus Taruna Indonesia Palembang, Sabtu (13/7/19) lalu. Uaa

Komentar

News Feed