Minggu, April 11, 2021
BerandaDiduga Kiriman dari Riau dan Jambi, Kabut Asap Selimuti Wilayah Sumbar
Array

Diduga Kiriman dari Riau dan Jambi, Kabut Asap Selimuti Wilayah Sumbar

Jakarta, faktapers.id – Sejak Kamis (25/7/19), Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), diselimuti kabut asap cukup tebal hingga menyebabkan jarak pandang berkurang hanya 50-100 meter.

Namun berdasarkan pantauan pada Jumat (26/7/19) pagi, kondisi kabut asap sudah jauh berkurang dengan perkiraan jarak pandang 200-300 meter.

“Kalau kemarin memang cukup tebal, sekarang sudah berkurang. Kemarin itu kita sempat bagi-bagi masker di dua titik yang cukup parah di Pulau Punjung dan Sungai Dareh,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dharmasraya Edison seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/7/19).

Edison mengatakan, belum mengetahui dari mana datangnya kabut asap tersebut karena berdasarkan informasi yang didapatnya tidak ada titik kebakaran di Dharmasraya.

Namun, Edison menduga kabut asap itu merupakan kiriman dari daerah tetangga Riau atau Jambi. Saat ini, kedua daerah itu terdeteksi ada sejumlah titik panas.

“Di Dharmasraya ini tidak ada titik panas kebakaran. Saya tidak tahu dari mana datangnya kabut asap itu,” tegasnya. BMKG Stasiun Pekanbaru merilis sebanyak 39 titik panas (hotspot) terdeteksi di Pulau Sumatera, Jumat pagi ini. 26 titik panas tersebut tersebar di tiga provinsi, termasuk Riau.

Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik panas terbanyak terdapat di Provinsi Jambi, yakni berjumlah 26 titik. Kemudian terdapat di Riau 8 titik dan Sumatera Selatan 5 titik. “Dari mana lagi datangnya asap itu? Dharmasraya berbatasan dengan Riau dan Jambi yang saat ini terdeteksi miliki hotspot,” ujarnya. fp02 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments