Dosen University Malaysia Terengganu Bahas Potensi Zakat di MIF

×

Dosen University Malaysia Terengganu Bahas Potensi Zakat di MIF

Sebarkan artikel ini

Makassar, faktapers.id – Madani Institute (Center For Islamic Studies) mengadakan Madani Islamic Forum (MIF) dengan pembahasan Potensi Zakat dan Wakaf Sebagai Penopang Ekonomi Umat, bertempat di Aula Lantai 3 Rabbani Boleuvard Makassar. Sabtu (6/7/19).

Hadir sebagai pembicara Dr. Bayu Taufiq Posuumah seorang peneliti di Institute of Islamic Economic and Thought Centre Malaysia.

Ia mengatakan, bahwa potensi zakat memiliki manfaat yang besar apalagi untuk hal-hal produktif.

“Di Indonesia orang-orang masih banyak yang tidak mengeluarkan zakat, padahal potensi zakat sangat besar apalagi jika digunakan untuk hal-hal produktif,” ungkapnya.

Bahkan potensi zakat dapat digunakan untuk memberikan beasiswa kepada siswa atau sarjana yang berprestasi.

“Sebagai contoh untuk memberikan beasiswa kepada sarjana-sarjana berprestasi. Sehingga paradigma lama bahwa zakat itu diberikan lalu habis sebagai bahan habis pakai saja menjadi kurang produktif, walaupun tetap boleh,” imbuhnya.

Hal yang lebih besar adalah pemanfaatan dana waqaf. Dosen University Malaysia Terengganu mendorong agar waqaf berbasis Mesjid dapat digunakan untuk hal-hal produktif.

“Waqaf berbasis mesjid dasarnya adalah dengan mengambil sekian persen dari saldo mesjid yang rata-rata hanya menumpuk sebagai kas mesjid, lalu digunakan untuk membuat hal-hal produktif lainnya sehingga kas mesjid tidak hanya habis dalam untuk pembangunan infrastruktur mesjid yang hari ini orang berlomba-lomba untuk membuat mesjidnya megah akan tetapi sepi dari aktivitas,” tutupnya. Hamzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *