Kamis, April 15, 2021
BerandaJawaDPRD Nilai Pemda DKI Anggaran Besar, Tapi Tak Mampu Atasi Sampah

DPRD Nilai Pemda DKI Anggaran Besar, Tapi Tak Mampu Atasi Sampah

Ajak Risma ke Jakarta Tangani Persoalan Sampah

Surabaya, faktapers.id – Kemampuan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam menangani sampah di Surabaya, ternyata membuat DPRD dan Pemda DKI Jalarta ingin belajar darinya. Untuk itu Risma mendapat kunjungan rombongan dari DKI Jakarta, Senin (29/7/2019).

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD dan Pemda DKI Jakarta datang ke Kota Pahlawan untuk studi banding soal pengelolaan sampah.
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Besari Barus menyebutkan tempat pembuangan sampah di Bantargebang Kota Bekasi akan overload pada 2021.

Sementara Pemprov DKI baru berencana membangun TPA pada tahun 2020.
Besari juga mengkritik ketidak mampuan Pemprov DKI Jakarta. Yakni soal jumlah anggaran yang terbilang besar namun masalah sampah di ibukota masih menjadi PR besar. “Anggarannya 4 kali lipatnya dari Surabaya ini,” sebutnya dalam pertemuan di Ruang Sidang Balai Kota Surabaya.

Risma pun kaget dengan dana yang dikeluarkan Pemda DKI Jakarta untuk pengolahan sampah. Yakni mencapai Rp 3,7 triliun.

“Apakah Ibu Risma mau kita boyong ke Jakarta dalam waktu dekat? Masalah sampah ini bisa terselesaikan kalau Pilkada mendatang Bu Risma pindah ke Jakarta,” ucap Besari disela perbincangan, yang disambut tepuk tangan peserta studi banding.

“Kalau di Surabaya hanya menghabiskan dana Rp 30 miliar. Karena kita menghemat biaya-biaya yang tidak perlu. Kita juga punya rumah-rumah kompos dan berhati-hati untuk menimbang sampah,” ungkap Risma. Uaa

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments