Senin, April 12, 2021
BerandaSulawesidr. Syamsinar: Pengelolaan Sampah Medis di Puskesmas Lau Sudah Sesuai Prosedur

dr. Syamsinar: Pengelolaan Sampah Medis di Puskesmas Lau Sudah Sesuai Prosedur

Maros, faktapers.id – Kepala Puskesmas Lau, Kabupaten Maros, dr. Sri Syamsinar Rachmah, S.Ked, memberikan klarifikasi atas dugaan pihaknya membuang limbah obat di lingkungan belakang Puskesmas Lau, Kabupaten Maros, Selasa (23/7/19).

Ia menyayangkan foto dokumentasi obat kadaluarsa yang dititip sementara di belakang puskesmasnya beredar secara umum sehingga terkesan pihaknya menelantarkan obat tersebut tanpa penanganan sesuai.

Padahal, mengenai obat di belakang puskesmas itu sebenarnnya obat tersebut disimpan sementara menunggu proses pengangkutan dari pihak ketiga yang khusus mengelola sampah B3.

Selain itu, sebelum diangkut pihak ketiga, obat kadaluarsa ini juga menunggu pemeriksaan dari Dinas Kesehatan Maros. Di mana pihak Dinas sudah memeriksa obat itu pada Senin (22/7/19) pagi.

Apalagi, menurutnya tidak semua dos tersebut berisi obat kadaluarsa, sebagian besar hanya dos obat kosong menunggu pengangkutan dinas terkait dan bukan merupakan limbah B3. Adapun obat kadaluarsa ini merupakan obat program dan bukan dari dana DAK atau JKN.

Ia menekankan, pihaknya mengetahui betul proses pembuangan limbah medis atau pemusnahan obat yang tidak bisa lagi terpakai.

“Bahkan, kini di belakang puskesmas ini sudah ada bangunan tempat menaruh sementara limbah medis ini karena tidak boleh menyatu dengan bangunan puskesmas,” katanya.

Meski demikian, ia mengapresiasi laporan masyarakat karena membuktikan kesadaran masyarakat itu sendiri terkait pentingnya menjaga lingkungan agar tetap sehat. Hamzan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments