Minggu, April 11, 2021
BerandaJawaGanjar Pranowo: Sinergitas TNI-Rakyat Bangun Desa dengan Bergotong-royong

Ganjar Pranowo: Sinergitas TNI-Rakyat Bangun Desa dengan Bergotong-royong

Klaten, faktapers.id -Keterbatasan dukungan pembiayaan dalam membangun desa tidak menghalangi peran pemerintah, TNI bersama rakyat untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Program pembangunan desa diyakini tetap bisa berjalan dengan semangat gotong royong yang tinggi meski dananya kecil. Amanah tersebut disampaikan  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dia menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105, Tahun Anggaran 2019 di Lapangan Dukuh Marangan Desa Jimbung, Kalikotes Kabupaten Klaten, Kamis (11/7/19).

Ia mengatakan, melalui semangat gotong royong yang dibangun akan semakin memperkuat peran antara TNI-Rakyat.

Lewat gotong royong pula anggaran yang kecil bisa mencapai sasaran yang besar. “Inilah kehebatan semangat gotong royong yang telah ditunjukkan oleh TNI dengan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan, pelaksanaan TMMD merupakan bentuk pengejawantahan kemanunggalan TNI bersama rakyat yang tidak bisa dipisahkan.

Sejarah panjang kemanunggalan ini sudah dimulai sejak jaman perjuangan meraih kemerdekaan hingga saat ini.

Keberadaan TMMD, menurutnya, bersifat lintas sektoral baik dari kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan masyarakat yang menjadi lokasi sasaran kegiatan.

Sementara itu, Dandim 0723 Klaten, Letkol Inf Eko Setyawan, dalam laporannya mengatakan, TMMD Reguler ke-105 ini dianggarkan sebesar Rp 1Milyar lebih untuk berbagai kegiatan fisik dan non fisik .

“Untuk kegiatan fisik seperti pembangunan jembatan sepanjang 30 meter, lebar 3 meter dan tinggi 4,5 meter , betonisasi jalan panjang 900 meter lebar 3 meter serta tebal 15 centimeter, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 10 unit, jambanisasi 10 unit dan rehab tempat ibadah 1 unit,” ujarnya.

Sedangkan kegiatan non fisik ,lanjut Eko, seperti penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, pencegahan narkoba, ketenagakerjaan, kamtibmas, dan beberapa penyuluhan selain diadakan di desa Jimbung juga diadakan didesa lain di kecamatan Kalikotes. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments