Gubernur DKI Jakarta Ajak Pengelola Masjid Gunakan Besek

×

Gubernur DKI Jakarta Ajak Pengelola Masjid Gunakan Besek

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada pengurus masjid untuk menerapkan tata cara pemotongan hewan kurban yang ramah lingkungan.

Hal itu diutarakannya ketika menghadiri acara penutupan pelatihan pengelola masjid dan pelepasan petugas pemeriksa kesehatan hewan serta daging kurban di Ruang Serba Guna, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ), Selasa (30/7/19).

Sebanyak 1110 pengelola masjid yang merupakan peserta pelatihan dari 1001 masjid se DKI Jakarta juga mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai juru sembelih halal. Gubernur menyerahkan secara langsung sertifikat kepada perwakilan peserta pelatihan tata cara pemotongan hewan kurban.

“Hari ini, kami memberikan sertifikat untuk para pengurus masjid yang akan bertugas saat pelaksanaan Idul Adha 1440 H. Dengan adanya sertifikat pelatihan penyembelihan hewan ini bisa dikatakan mereka adalah petugas terampil, handal dan profesional,” jelas Anies usai meninjau demo proses penyembelihan hewan sapi.

Ia juga menghimbau kepada pengelola masjid untuk tidak menggunakan bahan plastik saat melaksanakan rangkaian penyembelihan hewan kurban.

“Tahun ini kita menggalakan bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti menghindari penggunaan plastik yang berwarna hitam. Gunakan bahan yang bisa didaur ulang seperti besek yg terbuat dari bambu. Plastik itu sekali pakai tapi kalau besek bisa dibersihkan dan digunakan untuk kebutuhan lainnya,” terangnya didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni dan Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin lolugau. Tjl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *