oleh

Gubernur Isran Noor Hadir Pada Peringatan Harganas di Kubar

Kutai Barat, faktapers.id – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tahun 2019 oleh Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) di Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), yang berlangsung sejak Selasa (17/7/19), telah berakhir pada acara puncaknya yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor, Kamis (18/7/19) di Sendawar.

Dalam sambutannya, gubernur menegaskan bahwa Harganas sangat penting. Menurutnya, modal utama dalam membangun daerah adalah keluarga yang harmonis yang dapat membentuk masyarakat makmur dan sejahtera.

“Peringatan Harganas ke-XXVI 2019 temanya ‘Hari Keluarga Hari Kita Semua’. Semboyannya, ‘Cinta Keluarga Cinta Terencana’. Kepada masyarakat se-Kaltim agar bisa memaknai Harganas untuk menumbuh kembangkan cinta terhadap kelarga,” beber Isran Noor dipanggung utama, Taman Budaya Sendawar (TBS).

Sementara Ketua Umum TP-PKK Kaltim, Nor Baiti Isran Noor yang merupakan istri Gubernur Isran Noor, dalam sambutannya mengatakan peringatan Harganas ke-26 sebagai momentum masyarakat Kaltim, khususnya kader TP-PKK agar bisa bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia.

“Mencintai keluarga sangat penting. Dari keluarga harmonis, sehat, dan sejahtera, bangsa Indonesia akan terbangun dengan baik. Untuk itu diperlukan perencanaan dalam membangun keluarga. Melalui peringatan Harganas ini, saya berharap masyarakat se-Kaltim semakin bisa sejahtera dan makmur menyongsong masa depan Kaltim yang lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan atau Tumenggung Singa Praja atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemkab Kubar, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kaltim Isran Noor. Juga kepada 10 kabupaten/kota se-Kaltim, BKKBN Pusat dan BKKBN Perwakilan Provinsi Kaltim, atas kepercayaan terhadap Kubar sebagai tuan rumah pelaksana peringatan Harganas ke26 tahun 2019.

“Kepada kontingen 10 kabupaten/kota yang hadir di Kubar, terima kasih tiada terhingga. Kami mohon maaf jika masih ada kekurangan didalam acara ini. Semoga dengan peringatan Harganas ke-26, Kubar siang akan menjadi kenangan, malam akan jadi impian,” ungkap FX Yapan.

Yapan berharap, melalui peringatan Harganas agar keluarga semakin bermanfaat dalam mendukung pembangunan daerah. Menurutnya, tujuan peringatan Harganas untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya fungsi kerangka ketahanan keluarga.

“Meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan fungsi keluarga dengan menguatkan agama, cinta kasih, perlindungan , ekonomi, kesehatan, pendidikan, serta sosial dan budaya,” pungkasnya.

Inspektur Utama pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Agus Sukiswo yang turut hadir di Kubar mengungkapkan fungsi pentingnya peringatan Harganas.

“Melalui peringatan Harganas meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya fungsi kerangka ketahanan keluarga,”

Menurut Agus Sukiswo, mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan keluarga di Indonesia, langkah kongkret BKKBN bermitra dengan sejumlah lembaga dan stokeholder.

“Menciptakan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, BKKBN berupaya meningkatkan sinergitas kegiatan bersama mitra kerja. Diantaranya kegiatan Kampung KB dalam mengurangi angka kemiskinan dan penanggulangan gizi buruk melalui pendekatan keluarga,” pupusnya.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan, Sekda Kubar Yacob Tullur, Ketua Umum TP-PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Wabup Mahulu Juan Jenau, serta sejumlah kepala daerah ddari 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Iyd

Komentar

News Feed