Headline

Ini Cara Hindari Malas Dalam Bekerja

×

Ini Cara Hindari Malas Dalam Bekerja

Sebarkan artikel ini

faktapers.id – Bagi yang mempunyai kebiasaan malas dalam bekerja dan sulit menghindarinya, ada beberapa tips cara menghindarinya.

Rasa malas bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya mereka yang dasarnya memang punya sifat malas. Orang yang punya semangat tinggi dalam bekerja pun terkadang suka di serang rasa malas. Akibatnya pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu jadi terlambat.

Untuk melawan rasa malas agar tidak menjadi sebuah kebiasaan yang nantinya akan merugikan diri anda.Ini beberapa cara menghindarinya.

  1. Jangan Suka Menunda Pekerjaan

Bisa mulai dengan meninggalkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan. Hal ini memang terlihat sepele. Tapi, sekali anda mengabaikan satu tugas. Maka lain waktu akan mengulangi hal yang sama. Apalagi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan maka akan membuat tugas-tugas terbengkalai.

  1. Selalu Jaga Kondisi Tubuh

Menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Coba bayangkan jika kondisi sedang lemas. Tentu malas untuk melakukan aktifitas apapun. Begitu pun ketika rasa lapar sedang melanda, maka akan kehilangan konsentrasi, sehingga tidak fokus dalam bekerja.

Meskipun begitu, tidak perlu makan secara berlebihan. Karena terlalu kenyang juga tidak baik untuk kondisi tubuh. Jadi mudah mengantuk dan malas bergerak. Oleh karenanya, selalu jaga kondisi tubuh dengan makan secukupnya dan konsumsi vitamin agar tidak mudah lelah.

  1. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Penyebab malas yang Anda alami mungkin bisa dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika suka mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung bahan pengawet tinggi. Maka jangan heran jika tubuh cenderung mudah capek dan cepat mengantuk.Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Oleh sebab itu, mulai sekarang konsumsilah makanan yang sehat. Selain untuk menghilangkan rasa malas, juga untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.

  1. Ukur Kemampuan Diri

Yang tahu kemampuan hanya diri Anda sendiri. Anda yang tahu seberapa cepat Anda bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sehingga Anda harus bisa memberikan target atas pekerjaan yang sedang Anda tangani.

Hal ini tentunya akan bisa memberikan semangat pada diri sendiri. Apalagi kalau mampu menyelesaikan tugas lebih cepat dari yang di targetkan. Tanpa di sadari, sudah bisa mengatasi rasa malas karena bisa merampungkan tugas dengan cepat.

  1. Buat Jadwal untuk Diri Sendiri

Agar kegiatan Anda lebih terkontrol. Mulai dari sekarang cobalah membuat timeline atau jadwal aktifitas untuk diri sendiri. Terutama dalam hal mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab Anda.

  1. Bangun Lebih Pagi

Siapa bilang jika bangun lebih pagi akan membuat kita mengantuk saat bekerja di kantor. orang-orangng sukses seperti Tim Cook, Jack Dorsey, Indra Nooyi dan Howard Schultz selalu membiasakan bangun lebih pagi untuk menghadapi segala rutinitas sepanjang hari.

Bangun pagi menjadi cara ampuh melawan rasa malas. Berbeda dengan mereka yang suka bangun siang. Mereka akan tergesa-gesa karena waktu yang terbatas.

  1. Maksimalkan Bekerja di Pagi Hari

Cara lain agar tidak malas dalam bekerja ialah menggunakan waktu sebaik-baiknya di pagi hari. Hal ini mengingat stamina dan pikiran anda masih fresh, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk menyelesaikan segala tugas yang ada.

Apalagi udara dibagi hari masih sangat menyegarkan. Anda tentu akan lebih bersemangat. Untuk itu, maksimalkan waktu di pagi hari untuk mengerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu.  Namun jangan lupa juga untuk sarapan agar  bisa bertahan lama sampai jam makan siang.

  1. Punya Motivasi Diri

Faktor lain yang menyebabkan orang malas kerja adalah tidak punya target atau tujuan untuk karirnya. Sehingga dia tidak punya motivasi apapun yang ingin di capai. Hal ini bisa di karenakan sudah bosan dengan pekerjaan yang sekarang atau sedang mengalami permasalahan pribadi.

Jika alasan anda demikian, cobalah untuk mengingat kembali untuk apa bekerja selama ini. Misalnya Anda sudah berkeluarga. Ingatlah dengan istri dan anak-anak anda. Jadikan mereka sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.

  1. Istirahat yang Cukup

Rasa malas sering timbul akibat faktor tubuh yang kelelahan. Karena rasa lelah yang melanda biasanya membuat semangat kerja maupun konsentrasi menurun drastis. Yang ada di pikiran Anda hanyalah segera beristirahat.

Maka dari itu, berikan tubuh Anda waktu istirahat yang cukup. usahakan jam 10 malam mata Anda sudah terpejam. Hindari penggunaan alat elektronik seperti Gadget atau menonton TV agar tidur Anda lebih berkualitas. dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *