oleh

Kades Sumberejo Kembangkan Pertanian Terpadu Lewat BUMdes

-Daerah, Jawa, News-1.125 views

Klaten, faktapers.id -Desa Sumberejo terletak di sebelah kota Klaten bagian selatan posisi wilayah masuk Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah .

Desa yang pada tahun 2017 lalu telah meresmikan BUMdes pertanian terpadu yang dikelola oleh Kelompok Tani Sedyo Mukti ini memiliki beberapa keunggulan dibidang perikanan, peternakan (kambing/kelinci) dan sektor pertanian meliputi sayur serta buah-buahan .

Desa Sumberejo juga memiliki keunggulan penguatan ekonomi masyarakat dengan ditopang dari dana Ekolir (ekonomi bergulir) hingga ratusan juta rupiah. Untuk itu, desa Sumberejo semakin meyakinkan langkah menuju desa Agro Wisata .

Masyarakat desa ini sejak beberapa tahun kebelakang sudah mulai menggeluti penanaman padi sawah dengan memanfaatkan lahan sekitar 4 ha yang berada di desa tersebut yaitu di sekitar lahan BUMdes .

Pada tahun 2017 lalu Desa Sumberejo mulai sudah merasakan panen raya dan di tahun tersebut diproyeksikan sebagai satu diantara desa yang memiliki potensi besar di bidang pertanian tanaman pangan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten setelah pengelolaan lahan dilakukan pihak BUMdes .

Pada tahun 2017 lalu untuk pengelolaan lahan sawah pemerintah desa juga turut memberikan bantuan untuk peningkatan lahan yang bersumber dari APBDesa (dana desa).

Oleh karena itu Pemerintah Desa Sumberejo mengambil langkah sigap dengan menjadikan sektor pertanian tanaman pangan ini fokus utama sebagai andalan dari desa setempat .

Kepala Desa Tri Raharjo mengajak pemerintah provinsi, kabupaten serta kecamatan, untuk tetap membangun sinergitas yang baik dalam mengembangkan potensi tanaman pangan ini, Rabu (24/7/19).

Dia juga mengajak masyarakat memanfaatkan petak sawah yang ada untuk dikembangkan dan diurus dengan benar.

Karena dia optimistis dengan pengelolaan dan pengolahan lahan yang optimal, Desa Sumberejo selain mampu memenuhi kebutuhan beras untuk warga di dalam desa, dirinya pun yakin melalui tanaman pangan ini dapat meningkatkan penguatan ekonomi masyarakat desa sendiri sehingga nantinya mampu menjadi satu diantara desa yang melakukan swasembada pangan. Jadi ke depan kebutuhan dan ketersediaaan tanaman pangan ini di Klaten Selatan tetap stabil. Madi

Komentar

News Feed