oleh

Kapolres Bersama Sekda Gowa Bahas Rencana Accera Kalompoang

Gowa, faktapers.id – Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, S.Ik., M.Si, meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten dan Kerajaan Gowa untuk dapat kembali duduk bersama guna merencanakan agenda ritual adat tahunan Kabupaten Gowa, yakni acara Accera Kalompoang pada 11 Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kapolres Gowa, saat mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Gedung PKK di Jalan Beringin Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabuapten Gowa, Senin (29/7/19) yang dipimpin Sekretaris Daerah Gowa Muchlis.

Acara Accera Kalompoang terakhir digelar tahun 2016 silam. Ritual adat ini pun dirindukan banyak tokoh di Gowa untuk dapat dilaksanakan kembali,” ujar Shinto.

Menurut Kapolres, dukungannya terhadap penyelenggaraan Accera Kalompoang ini seiring dengan upaya rekonsiliasi antara Pemkab dan Kerajaan Gowa yang dimotori Polres Gowa sudah mulai menunjukkan progres yang signifikan.

“Alhamdulillah berkat upaya rekonsiliasi yang telah dilakukan, dalam waktu dekat kita akan menerima penghentian penyidikan terhadap 5 Laporan Polisi yang dibuat sejak 2015 lalu, terkait permasalahan antara Pemkab dan pihak Kerajaan. Untuk itu, sekarang waktunya tidak ada lagi sekat antara Pemkab dan Kerajaan,” jelas dia

Kapolres Gowa juga berharap, pemkab dan kerajaan dapat selalu kompak dalam menjaga warisan kebudayaan Kabupaten Gowa bersama. Kartia

Komentar

News Feed