Minggu, Juli 25, 2021
BerandaKalimantanKetangkap Curi Sepeda Motor di Area Parkir di Even Open Bupati Cup...

Ketangkap Curi Sepeda Motor di Area Parkir di Even Open Bupati Cup Kubar 2019

 

Kutai Barat, faktapers.id – Rupanya untuk untuk pengamanan area parkiran kendaraan bermotor saat ada even besar di Kota Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, perlu ekstra ketat.

Terbukti, pada even Open Bupati Cup Kubar 2019 lalu, sepeda motor jenis revo milik salah seorang penonton bernomor polisi KT 4885 PO hilang  dari area parkiran Pasar Malam, Stadion Swalas Gunaq, Sendawar, Minggu (30/6/19) sekitar pukul 20.00 Wita.

Berdasarkan laporan korban, dengan segera Satreskrim Polres Kubar melakukan penyelidikan. Akhirnya di dapati dan diamankan seorang anak masih berusia dibawah umur, yakni S (14) sebagai tersangka pencuri sepeda motor tersebut.

“Tersangka S masih dibawah umur, warga Kecamatan Linggang Bigung, dan sudah putus sekolah. Diamankan oleh Unit Opsnal Satreskrim Polres Kubar ke Mapolres,” jelas Kasat Reskrim Polres Kubar AKP Ida Bagus Kade Sutha, didampingi Kanit Pidum Ipda Syafi’i, dalam keterangan resmi di Mapolres Kubar, Selasa (9/7/19).

Dipaparkan Kastreskrim, tersangka mengaku bahwa mencuri sepeda motor yang diparkir tersebut dengan cara merusak kunci kontaknya. Kemudian membawa sepeda motor curiannya itu pulang ke rumah untuk dipreteli agar menghilangkan jejak.

“Opsnal Satreskrim menyelidiki sekitar area Stadion Swalas Gunaq dan lokasi parkir di pasar malam. Tetapi sepeda motor milik korban tidak ditemukan. Setelah penyelidikan mendalam, akhirnya tersangka berhasil diamankan dirumahnya  bersama barang bukti sepeda motor korban yang telah dipreteli, Senin 8 Juli 2019,” terangnya.

Dikatakan AKP Ida Bagus atas perbuatan pelaku, dimana pencurian diatur dalam Pasal 362 KUHP. “Terhadap tersangka yang masih dibawah umur,  akan kaitkan mengenai peradilan anak, yaitu UU Nomor 11Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah oleh Harian Fakta Pers dan faktapers.id, terkait sistem pengamanan dalam even Open Bupati Cup Kubar 2019 oleh Polres Kubar, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kubar, Kompol Sarman SH mengatakan bahwa tidak ada permintaan pengamanan khusus dari panitia pelaksana kepada Polres Kubar untuk menurunkan personel pengamanan khusus.

“Kalau surat izin keramaian memang ada permohonan panitia Open Bupati Cup Kubar 2019 kepada Polres Kubar. Tetapi untuk pengamanan khusus oleh Polres Kubar, itu tidak ada surat permohonan mereka,” terangnya.

Untuk  itu Kompol Sarman mengingatkan seharusnya untuk even sebesar itu perlu pengamanan khusus.

“Nah untuk menurunkan personel pengamanan khusus itu, harus ada surat permohonan dari panitia. Karena perlu antisipasi hal tidak terduga. Diantaranya pencurian, perkelahian dan lainnya. Karena ribuan masyarakat yang hadir ke stadion,” jelasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments