Sabtu, April 17, 2021
BerandaSulawesiKetua KPU Maros Klaim Pemilu 2019 Sudah Sesuai Prosedural, Alfian Palaguna: Cacat...

Ketua KPU Maros Klaim Pemilu 2019 Sudah Sesuai Prosedural, Alfian Palaguna: Cacat Nalar

Maros, faktapers.id – Klaim Ketua KPU Maros yang mengatakan tidak ada kesalahan prosedural pemilihan di wilayah Dapil 1 Maros dinilai sebuah kecelakaan berpikir.

“Pasalnya kita ketahui bersama hasil sidang putusan Bawaslu Maros yang menetapkan ada 4 TPS dari 16 TPS terlapor di Kelurahan Pettuadae Kecematan Turikale yang dinyatakan bersalah, pelanggaran aministrasi pemilu,” ujar Alfian Palaguna.

Selain pelaporan pelanggaran administrasi pemilu, Alafian juga mengatakan Bawaslu Maros juga mendapatkan pelaporan dugaan money politic. “Jadi apanya yang sesuai regulasi atau prosedural sebagaimana klaim Ketua KPU Maros,” kata dia.

Dia menjelaskan, di beberapa kesempatan dalam aksi unjuk rasa yang pihaknya lakukan saat itu, dari awal ingin mengingatkan pihak KPU Maros dan jajarannya agar bersikap netral, jujur, dan transparan dalam proses Pemilu 2019)l yang tengah berlangsung pada saat itu.

Agar tak menimbulkan kegaduhan, kata dia, Ketua KPU Maros harus menarik ulang perkataannya dalam keterangannya di salah satu portal berita online. “Agar tidak membuat gaduh masyarakat,” ucapnya.

Pasalnya, ptusan sidang di Bawaslu menetapkan ada 4 (empat) TPS bermasalah, di lain sisi Ketua KPU Maros mengklaim pemilu telah sesuai prosedur.

“Statemen Ketua KPU Maros saya anggap telah mencederai penegakan hukum yang dilakukan Bawaslu Maros. Sangat tidak etis perkataan beliau itu yang terkesan seolah-olah tidak mengakui dan tidak mematuhi putusan sidang Bawaslu Maros,” tukasnya.

Oleh karena itu, Alfian menegaskan pihaknya meminta kepada Ketua KPU Maros untuk mundur dari jabatannya. “Kami menganggap beliau tidak kapabel sebagai Ketua KPU Maros,” tegasnya. Hamzan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments