Headline

KKN dan Magang Mahasiswa UMS ” Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi’

×

KKN dan Magang Mahasiswa UMS ” Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi’

Sebarkan artikel ini

Maros, faktaprs.id – Sebanyak 248 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidrap (UMS) Rappang ikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Magang angkatan pertama.

KKN dan Magang Angkatan 1 UMS Rappang 2019 mengangkat tema ‘Universitas Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi.”

Ratusan mahasiswa itu di lepas di Audiotorium Zaini Razak kampus UMS Rappang, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap, Kamis (4/7), dibawah kepemimpinan Dr H Jamaluddin Ahmad S.Sos., M.Si.

Mereka akan di tempatkan di 15 posko di 8 desa/kelurahan di Kecamatan Panca Rijang dengan melaksanakan KKN dan Magang III selama dua bulan.

Para mahasiswa itu terdiri dari berbagai program studi akan ditempatkan di beberapa titik lokasi, seperti di desa Bulo Timoreng terdiri atas 17 orang, Didampingi dosen pendamping Musdalifa Mansur, S.Pt., M.Si dan Muh Rusdi, S.Ag.,M.Adm.KP.

Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan UMS, Dr H Rustam Efendy Rasyid M.Pd berharap pelaksanaan KKN angkatan pertama ini bisa memberikan kesan yang baik bagi masyarakat.

“Selain itu para peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah melalui kerja nyata di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Dikatakan Rustam, bahwa orientasi KKN angkatan pertama ini adalah bagaimana upaya mereka untuk menghasilkan satu produk yang bermanfaat bagi masyarakat, yakni membangun desa berbasis website desa/simdeskel.

Sementara itu, Rektor UMS Rappang Jamaluddin Ahmad juga berharap agar seluruh mahasiswa UMS Rappang yang ikuti KKN ini memiliki jiwa kreatif dan inovasi.

“Sehingga program-program apa yang dilaksanakan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dirinya sendiri,” ujarnya.

Sekedar diketahui, kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMS Rappang yang di pimpin Ahmad Mustanir, S.Ip M.Si.

Senada dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Rappang (UMS), target yang ingin dicapai adalah, bagaimana menelorkan seorang mahasiswa yang mampu menerapkan ilmunya di tengah masyarakat.

“Selama mengenyam pendidikan di Kampus ini, dibawah bimbingan dari dosen sesuai disiplin ilmu dan ini merupakan program utama dalam membangun sebuah sistem informasi yang ada desa. Artnya informasi itu penting,” jelas dosen Musdalifa Mansur, SPt. M.Si. dengan sapaan ibu dosen muda lagi cantik ini.

Harapan masyarakat desa, tidak lain adalah percepatan informasi melalui internet, karena apa?. Kalau lemah informasi yang diterima masyarakat pedesaan, maka desa tersebut akan ketinggalan informasi.

“Adanya website masuk desa, itu artinya informasi mengenai desa dapat di akses lewat internet, berarti desa kita dikenal seluruh Polosok di Indonesia,” tutur Tokoh Masyarakat, Andi Yunus.

“Adanya KKN UMS Rappang di Desa, diucapkan banyak terimakasih, semoga tercipta kerja sama yang baik dengan Masrakat Desa,” pungkas Yunus. Hamzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *