oleh

Kunci Siswa Berprestasi Yaitu Penanaman Sikap Disiplin

Klaten, faktapers.id – Meningkatkan mutu dan prestasi anak-anak didiknya, Setyana S.pd selaku Kepala Sekolah SDN 2 Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan menjelaskan, ia berusaha melakukan berbagai terobosan mulai dari peningkatan disiplin yang bukan hanya diterapkan pada anak didiknya, namun juga diterapkan pada guru-guru yang ada di SD tersebut .

“Utamanya peningkatan disiplin, baik kepada murid-murid maupun para guru agar tercipta komitmen untuk melayani dengan segenap hati demi terbentuknya sumber daya manusia yang mampu berprestasi dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbuat jujur dan bertanggung-jawab,“ terangnya kepada faktapers.id, di ruang kerjanya, Kamis (4/7/19).

Dengan upaya tersebut, menurut Setyana, sekolah dasar yang terletak di Desa Glodogan dibawah binaan Unit Pelaksana Tehnis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten ini, menjadi salah satu sekolah yang diperhitungkan di wilayah setempat. Hal itu terbukti sekolah dasar yang memiliki 208 siswa ini merahi segudang prestasi yang ditorehkan, baik tingkat propinsi maupun kabupaten.

Dikatakan Kepsek Setyana, prestasi yang diraih belum lama ini di antaranya, Juara I Dongeng dan juara II Pantomim 2019 tingkat kabupaten dan beberapa kejuaraan I Jambore Daerah perorangan. Serta sejumlah kejuaraan lain diraih dalam bidang olah-raga baik kelompok maupun pribadi.

Tak heran, ketika media berkunjung ke sekolah banyak koleksi piagam dan piala penghargaan tersusun rapi di almari. Ini menunjukkan SDN 2 Glodogan aktif ikuti semua kegiatan.

“Prestasi yang berhasil diukir oleh murid-murid sebagai wujud komitmen mereka untuk berbuat yang terbaik, serta tidak lepas dorongan dari guru-guru pembimbing yang professional,“ ungkap kepala sekolah yang murah senyum namun tegas ini .

Lebih lanjut, Setyana mengutarakan, seorang pemimpin harus pengertian, artinya memegang teguh pendirian sehingga terpenuhi antara hak dan kewajiban secara seimbang. Menurutnya, sebagai seorang guru tentunya tidak gampang izin meninggalkan siswa, maka pemberian teladan adalah cara tepat untuk menyeimbangkan antara hak dan kewajibannya.

Setyana tak lupa mengucapkan terima kasih kepada guru yang mau bekerjasama memberikan kontribusi pada sekolah, sehingga prestasi terus meningkat. Selain bidang akademik siswa dan guru dilatih pola hidup bersih. Dimana kegiatan tersebut dilakukan rutin tiap hari jumat dengan aksi bersih halaman, menanam dan merawat tanaman yang ada disekeliling gedung sekolah. Madi

Komentar

News Feed