Rabu, April 14, 2021
BerandaKalimantanLongsor Tepi Sungai Mahakam, 4 Dapur Rumah Warga di Kampung Muara Baroh...

Longsor Tepi Sungai Mahakam, 4 Dapur Rumah Warga di Kampung Muara Baroh Rusak Berat

Kutai Barat, faktapers.id – Empat bangunan rumah warga RT 02 Kampung Muara Baroh, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, yang berada tepat di tepi Sungai Mahakam, nyaris roboh pada Senin (22/7/19) karena terjadi pergerakan tanah atau longsor.

Camat Muara Pahu, Suhamdi mengatakan meskipun tidak ada korban jiwa, tetapi 4 unit rumah (Bagian Dapur) warga rusak berat.

“Kejadiannya sekitar pukul 13.40 Wita. Yaitu dapur rumah milik Padlan (44), Rijali (41), Sofyandi (39), dan Edi Sopyan (38),” jelasnya kepada Harian Fakta Pers dan faktpers.id, Jumat (26/7/19).

Suhamdi mengungkapkan, dari 4 kepala keluarga (KK) yang rumahnya mengalami kerusakan dapur itu, sebanyak 17 jiwa terpaksa sementara waktu diungsikan ketempat keluarga masing-masing.

“Muspika Muara Pahu juga berkoordinasi dengan pihak BPBD dan Pemkab Kubar terkait kondisi itu guna langkah selanjutnya,” urainya.

Dia membeberkan, 4 KK warga yang rumahnya mengalami dampak longsor tersebut, pekerjaan sehari-harinya adalah petani dan nelayan. Suhamdi menyebut, abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang dan arus Sungai Mahakam membuat erosi pantai di Muara Baroh.

“Kami masih berkoordinasi dengan Pemkab Kubar. Penyebab longsor diduga karena debit air Sungai Mahakam terlalu surut sehingga tanah dibibir pantai mengalami retak dan bergerak mengikuti surutnya air,” tukasnya. Iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments