oleh

Menteri Sosial Berkunjung ke Lokasi TMMD

Makassar, faktapers.id – Menteri sosial berkunjung lokasi TMMD Sudiang Raya Kecamatan Biringkanayya, Kota Makassar. Pada kunjungan hari ini bapak Menteri sosial di dampingi dua sekjen dari kementerian sosial dan kadis sosial Provinsi Sulsel, Kadis sosial Kota Makassar, Dandim 1408/BS, Camat Biringkanaya dan para Lurah serta Kapolsek Biring Kanayya dan Danramil se Kota Makassar menerima kunjungan di lokasi. Selasa (16/7/19).

Kunjungan Mentri sosial dengan tujuan meninjau lokasi TMMD di sulsel yang di laksanakan di 3 kabupaten kota yang di antaranya Kota makassar,kabupaten pinrang dan sinjai.

Pada Kegiatan ini merupakan kerjasama yang sangat strategis antara TNI bersama dengan Kementerian Sosial, Kementerian/Lembaga lainnya, Pemerintah Daerah dan didukung oleh komponen masyarakat yang berwujud gotong-royong menangani kesenjangan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Semangat gotong- royong merupakan ciri dan budaya bangsa Indonesia yang senantiasa perlu kita jaga dan lestarikan. Kegiatan seperti pada TMMD yang didasari semangat gotong-royong inilah yang kita harapkan terus dapat dilaksanakan dalam upaya memperkuat Ketahanan Nasional melalui pendekatan kesejahteraan sosial.

Menteri sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pada sambutanya mengatakan, pembangunan dewasa ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin cenderung menurun dari tahun ke tahun.

“Namun jumlah tersebut relative masih sangat besar yang menurut BPS per September 2018 angka kemiskinan sebesar 9,66% dari total penduduk Indonesai atau sebanyak 25,67 juta jiwa,” ucapnya.

Jumlah penduduk miskin di wilayah pedesaan lebih besar dibanding wilayah perkotaan. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang difokuskan pada wilayah Desa menjadi sangat tepat, sesuai dengan agenda prioritas pemerintah Nawacita ketiga yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan”.

Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi, Semangat gotong-royong yang menjiwai TMMD ini sejalan dengan restorasi sosial yang dilaksanakan Kementerian Sosial melalui gerakan penanaman nilai kesetiakawanan sosial, dengan memperkuat kembali nilai nilai sosial luhur yang ada di masyarakat. Membangun dan menguatkan prakarsa masyarakat menjadi aspek penting untuk tumbuh kembangnya modal sosial.

Agus Gumiwang juga mengatakan,
kebajikan, spritualitas kebangsaan, solidaritas sosial, kearifan budaya lokal, etos kerja dan kelembagaan masyarakat serta gotong royong adalah unsur penting dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara.

“Dalam TMMD semua pihak berbaur dalam kebersamaa misalnya kerjabakti dalam menyiapkan/perbaikan sarana lingkungan, perbaikan rumah tidak layak huni, pembagian sembako, pemberian alat bantu bagi disabilitas dan lainnya yang melibatkan banyak pihak antara lain prajurit TNI, aparat pemerintah, pilar-pilar sosial seperti PSM, TKSK, dan Karang Taruna, serta masyarakat setempat secara keseluruhan,” ujarnya.

Bukan hasil fisik semata yang menjadi tujuan utama kegiatan semacam ini, namun terpeliharanya nilai-nilai gotong royong, meningkatnya kepedulian sosial dan semangat kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa dan ketahanan rakyat semesta serta keutuhan NKRI itulah yang menjadi sasaran utama kegiatan ini.

Disampaikan, Agus Gumiwang mensupport selamat melaksanakan tugas pengabdian, semoga kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin kokoh persatuan dan kesatuan Indonesia. Hamzan

Komentar

News Feed