Headline

Parosil: Pameran dan Kontes Bonsai Telah Mampu Memacu Ekonomi Kreatif Tanpa Membebankan APBD Lambar

×

Parosil: Pameran dan Kontes Bonsai Telah Mampu Memacu Ekonomi Kreatif Tanpa Membebankan APBD Lambar

Sebarkan artikel ini

Lampung Barat, faktapers.id – Pameran dan kontes bonsai tingkat Nasional yang digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Lampung Barat, mendapatkan apresiasi tersendiri dari Bupati Lambar H. Parosil Mabsus, pada saat rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Operasional Pembangunan (POP) di Aula Kagungan Sekretariat Pemkab Lambar, Selasa (16/7/19).

Secara tegas, Pakcik sapaan Parosil Mabsus mengakui bahwa penyelenggaraan pameran dan kontes bonsai yang mampu mendatangkan peserta dari luar daerah, khususnya dari Pulau Jawa dan Sumatera, telah mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Raya Liwa (KRL) tempat dimana diselenggarakannya event tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan pameran dan kontes bonsai tingkat nasional yang diselenggarakan, ini telah mampu menarik wisatawan untuk berkunjung,” ungkap Parosil.

Tak kalah penting, dengan diselenggarakannya pameran dan kontes bonsai tingkat Nasional tersebut, menurutnya kegiatan itu telah mampu memacu ekonomi kreatif di kabupaten setempat, dan tanpa membebankan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Lambar.

“Event tersebut sudah mampu memacu ekonomi kreatif tanpa pemborosan ABPD, karena itu sekali lagi saya mengapresiasi atas terselenggaranya pameran dan kontes bonsai tersebut,” kata dia lagi.

Terpisah, Ketua PPBI Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan pameran dan kontes bonsai sebagai salah satu bentuk upaya PPBI Lambar dalam mendukung pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata, serta mendukung terwujudnya Lambar sebagai kabupaten konservasi.

“Event ini juga tidak hanya sebatas wadah menyalurkan hobi, namun bentuk dukungan kami terhadap pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi yang ada, mulai pariwisata serta untuk menumbuh kembangkan ekonomi kreatif di kabupaten ini,” katanya.

Menurut dia, para pencinta seni bonsai yang tergabung dalam PPBI Lambar sudah sekitar 200 orang, yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten setempat, selain memang sudah memiliki koleksi bonsai mulai dari bakalan hingga sudah memiliki kelas, para seniman bonsai di Lambar juga sudah banyak melakukan budidaya tanpa merusak hutan, dan menjadi salah satu mata pencaharian tambahan.

“Selain itu, dengan adanya kontes dan pameran yang digelar juga mampu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjual pot, hong (tempat pot), pupuk, kawat bonsai dan lain-lain. Belum lagi yang mampu memanfaatkan momen untuk menjual bonsai bakalan hasil budidaya, sehingga secara langsung ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat kita,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pameran dan kontes bonsai tersebut digelar sejak 4 Juli lalu, dan berakhir hari ini, Selasa (16/7/19), dengan jumlah kunjungan diperkirakan mencapai 6.000 orang, yang berasal dari berbagai daerah. Edi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *