oleh

Pemkab Lambar Peringati Global Tiger Day

Lampung Barat, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat memperingati Global Tiger Day, yang dibuka oleh Bupati Lambar yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir. Sudarto di Bumi perkemahan TNBBS Kubu perahu, Senin (29/7/19).

Asisten sekaligus melepas peserta lomba jungle tracking dilanjutkan diskusi dan tanda tangan komitmen bersama upaya pelestarian Harimau Sumatera.

“Melalui peringatan Hari Harimau Sedunia yang merupakan peringatan tahunan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konservasi harimau, kemudian seluruh masyarakat wajib menyelamatkan Harimau Sumatera. Mari ikut serta dalam rangkaian peringatan Hari Harimau Sedunia 2019 sebagai dukungan dan kepedulian kita terhadap kelestarian satwa Harimau Sumatera,” ujar Sudarto.

Kemudian, pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap TNBBS berkat terselenggaranya Global Tiger Day. “Kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yaitu Kabupaten Konservasi, sehingga kiita harus memiliki komitmen bersama untuk menjaga Flora dan fauna yang ada di TNBBS ini agar tidak punah,” kata dia.

Peringatan Global Tiger Day ini sebagai kegiatan memastikan harimau mendapat perlindungan yang layak dan habitatnya semakin luas. “Hal ini hanya bisa terwujud jika kita semua menyadari pentingnya konservasi harimau, karena populasi harimau terus menurun akibat berbagai faktor di antaranya adalah akibat dampak perubahan iklim, perburuan liar, dan urbanisasi,” ungkapnya.

Kepala Bidang Taman Nasional  Wilayah II, Liwa Amri, S.H., M.Hut, menyampaikan, perambahan hutan menghambat peningkatan populasi harimau , jika tidak segera ditangani maka satwa yang dilindungi di TNBBS akan punah.

“Sehingga sangat dibutuhkan pengetahuan masyarakat yang menjadi salah satu hal penting dalam pelestarian satwa, untuk itu mari kita jaga kawasan TNBBS dari kerusakan agar bersama menjaga kelestarian flora dan fauna TNBBS sebagai warisan bagi anak cucu kita nanti,” kata Liwa.

Sementara itu, Kepala Seksi Taman Nasional Wilayah III, Suhana, S. Sos, menyanpaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terhadap pentingnya perlindungan satwa liar terutama Harimau Sumatera. Edi

Komentar

News Feed