Headline

Pemprov Sulsel Berikan Penghargaan Kepada 9 Inovator Terbaik 2019

×

Pemprov Sulsel Berikan Penghargaan Kepada 9 Inovator Terbaik 2019

Sebarkan artikel ini

Takalar, faktapers.id – Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari tahapan Program Inovasi Desa. Bursa ini menawarkan kegiatan-kegiatan terkait pembangaunan desa yang telah dinilai inovatif.

Selain itu, Bursa Inovasi Desa juga ditujukan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai, oleh pemerintah desa mencari inovasi yang belum terdokumentasi serta membagi informasi penyedia jasa layanan teknis yang dibutuhkan desa dalam mereplikasi sebuah inovasi.

Sebagai bentuk penghargaan kepada inovator yang telah melakukan inovasi-inovasi di desanya, diserahkan penghargaan oleh Kepala PMD Provinsi Sulsel Rais Rahman, S.STP., M.Si, didampingi Asisten I Pemerintah Setda kabupaten Takalar Drs. Andi Rijal Mustamin, M.M, memberikan penghargaan kepada 9 Inovator terbaik 2019.

Masing-masing inovator tersebut yaitu Abd. Jalil Mattewakkang, S.Pd, pendiri Kampung Literasi Campagaya, yang berlokasi di Desa Campagaya Kecamatan Galesong, Abd. Karim Dg. Ngella sebagai pelaku pemanfaat kotoran sapi menjadi biogas rumah tangga yang berlokasi di Desa Bontoloe Kecamatan Galesong.

Kepala Desa Bontomangape sebagai inisiator bersama BUMDes Desa Bontomangape membentuk Desa Mart, lokasi Desa Bontomangape, Kecamatan Galesong.

Purwanto sebagai inisiator sekaligus pelaku pengolahan limbah tulang ikan menjadi hasil kerajinan tangan berupa hiasan dan lain-lain, yang berlokasi di Desa Bontolanra, Kecamatan Galesong Utara.

Kepala Desa Bontokaddopepe, Pembina Ainy Collection yang mengolah limbah percah kain (potongan kain) menjadi kerajinan tangan berupa sandal, tas, dan lain-lain, yang berlokasi di Desa Bontokaddopepe, Kecamatan Galesong Utara.

Hasniah Dg Bulang, Ketua Kelompok Wanita Melati sekaligus pelaku pengolah sayuran bayam menjadi kerupuk bayam, lokasi di Desa Pakkabba, Kecamatan Galesong Utara.

Kepala Desa Bentang dan BPD Desa Bentang bersama tokoh pemuda, sebagai inisiator lahirnya usulan pembuatan lapangan futsal yang bernilai ekonomis, lokasi Desa Bentang, Kecamatan Galesong Selatan.

Kepala Desa Kaluku Bodo bersama Kelompok Tani sebagai inisiator pompa air tenaga surya, lokasi Desa Kaluku Bodo, Kecamatan Galesong Selatan.

Israwati, S.Pd, sebagai pencipta dan pelaku pengolahan sayur terong dan jagung manis menjadi keripik makanan ringan, lokasi di Desa Bontomarannu.

“Pemberian penghargaan ini semoga menjadi motivasi untuk para inovator, agar lebih mengembangkan diri dalam menciptakan ide-ide yang dapat dijadikan replika inovasi bagi desa lainnya, dan bagi desa yang lain untuk belajar dan meciptakan ide-ide kreatif sehingga dapat juga menciptakan sebuah inovasi” ujar Asisten I Drs. Andi Rijal Mustamin, MM.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Istana Galesong, Desa Pa’la’lakkang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Kamis (11/7/19). Kartia

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *