Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaPengerjaan Irigasi Program P3 A Mitra Cai Diduga Tidak Sesuai Spek
Array

Pengerjaan Irigasi Program P3 A Mitra Cai Diduga Tidak Sesuai Spek

CIAMIS, faktapers.id – Saat ini di Cilembang Desa Bojong Malang, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis mendapatkan program P3 A Mitra Cai berupa pembuatan irigasi. Akan tetapi dalam pekerjaannya sebagai pelaksananya, yaitu Karya Mulya diduga melakukan pekerjaan asal-asalan, alias tidak sesuai bistek/gambar (spesifikasi) yang sudah ditentukan oleh TPM.

Melihat ada dugaan kejanggalan akan pengerjaan proyek tersebut, dan untuk mengetahui lebih jauh hasil pekerjaan P3 A tersebut, maka pada Rabu (10 Juli 2019) faktapers.id dan harian Fakta Pers melakukan kunjungan ke Desa Bojong Malang. Namun sebelum ke lokasi P3A yang letaknya di Cilembang, tim media melakukan silaturahmi terlebih dahulu ke kepala desa Bojong Malang. Dan tim Fakta Pers bertemu langsung dengan sang kepala Desa Bojong Malang, di ruang kerjanya.

Kepada tim Kades mengkonfirmasi untuk mendapat data terkait pembuatan irigasi proyek P3 A Mitra Cai yang luasnya 200 meter kiri dan kanan. Sehingga jumlah keseluruhan irigasi tersebut seluas 400 meter.
Akan tetapi ketika tim melakukan tinjauan lapangan dan melihat hasil pekerjaan irigasi tersebut.

Fakta yang terjadi sungguh sangat berbeda. Sebabnya di lokasi terlihat pekerjaan tidak maksimal. Karena saluran Mitra Cai Maap tidak ada pondasi. Dan juga kurangnya ketebalan pasangan. Padahal dalam proyek ini pemerintah memberikan angaran sebesar Rp.195.000.000. Menurut perhitungan yang ada itu sudah cukup.

Atas temuan lapangan tersebut, tim berusaha menemui Sulaeman, selaku ketua kelompok. Dan Amar selaku bendahara. Namun tidak bertemu.
Selanjutnya mencoba menghubungi para pekerja. Salah seorang pekerja mengungkapkan bahwa pak ketua Sulaeman dan bendahara saat itu ada di lapangan Hankam.

Kami pun diarahkan menemui keduanya ke lapangan tersebut. Namun sayang saat kami temui Sulaeman sebagai Ketua P3A Mitra Cai, ia malah menghindar.

Dalam hal ini sungguh sangat disayangkan, sebagai ketua P3A sepertinya tidak bisa melaksanakan amanah/tugas dari pemerintah. Padahal diketahui program ini betul-betul harus dinikmati hasilnya oleh para petani sekitar wilayah yang ada di Desa Bojong Malang.

Dengan hasil pekerjaan asal-asalan tersebut, masyarakat pun mengkuatirkan, jangan-jangan program pemerintah melalui pembangunan irigasi/saluran air nya hancur, karena kualitas tidak di laksanakan.

Dalam hal ini masyarakat berharap pihak BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) jangan tutup mata. Harus turun ke lapangan untuk mengawasi program P3A Mitra Cai Desa Bojong Malang, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis ini.

“Anggaran dari negara dari hasil pajak jangan sewenang wenangnya disalah gunakan. Dan akhirnya pekerjaan pun dikerjakan asal- asalan. Mana pengawasan dari BBWS ?,” tanya seorang aktivis. Dedi Irvan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments