Sabtu, April 17, 2021
BerandaParBudPerayaan HUT Dewa Kie Hu Ong Ya di Batam Berlangsung Meriah

Perayaan HUT Dewa Kie Hu Ong Ya di Batam Berlangsung Meriah

Batam, faktapers.id – Warga Tionghoa di Komplek Ruko Pantai Permata-Baloi merayakan Hari Ulang Tahun Dewa Kie Hu Ong Ya, yang disambut dengan penuh suka cita. Acara perayaan tersebut berlangsung dengan sangat meriah dan berjalan dengan lancar, Kamis (18/7/19).

Seluruh warga Tiongjoa yang tinggal di kawasan, maupun di luar kawasan Komplek tersebut datang berbondong-bondong untuk menyambut acara perayaan itu, yang terlihat jelas dari raut wajah mereka yang ikut merayakanya. Panitia dan pengurus acara juga menyediakan berbagai macam minuman dan sneck bagi para tamu undangan yang datang merayakannya.

Aun, ketua panita acara, menjelaskan bahwa acara yang sedang berlangsung adalah acara perayaan Hari Ulang Tahun Dewa Kie Hu Ong Ya, yaitu salah satu dewa orang Tionghoa.

“Salah satu kegiatan acara tersebut yaitu dengan tradisi pembakaran Tong Kang dan beramal. Tradisi tersebut sudah dilakukan selama puluhan tahun, dan tradisi ini tradisi yang sama dan biasa dilakukan di daerah Bagan Siapi-api,” kata Aun kepada faktapers.id.

Aun juga mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara itu yakni untuk mendoakan bangsa dan negara Republik Indonesia. “Rakyatnya adil, makmur, dan segala sesuatunya dipermudah,” terangnya.

“Salah satu acara dari perayaan tersebut adalah bakti amal, tujuan dan harapan dari acara perayaan tersebut yaitu untuk menarik perhatian dari pemerintah untuk hadir dan ikut serta memeriahkan acara tersebut. Salah satunya yang diharapkan bisa hadir dalam acara tersebut adalah Wali Kota Batam Muhammad Rudi,” imbuhnya.

Aun juga berharap acara tersebut dapat menjadi salah satu daya tarik dan tujuan wisata bagi wisatawan asing (turis), untuk datang berkunjung ke Batam.

“Perayaan Hari Ulang Tahun Dewa Kie Hu Ong Ya akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 18-19 juli 2019
Acara tradisi pembakaran Tong Kang tersebut akan dilaksanakan besok pada tanggal 19 juli 2019 pukul 18.00 WIB.

“Dengan diadakannya acara tersebut dan dengan doa-doa yang dipanjatkan, ke depannya untuk seluruh masyarakat Kepri-Batam bisa hidup dengan lebih sukses dan lebih makmur,” tutupnya. Markus Siahaan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments