oleh

Peringati Hari Jadi Klaten ke-215, Bupati Ajak Warga Guyub Rukun

Klaten, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Klaten, Minggu (28/7/19) menggelar upacara peringatan Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten di Alun-alun Klaten. Dalam sambutannya, Bupati mengajak agar seluruh warga guyub rukun.

Sebanyak 47 tokoh asal Klaten di berbagai bidang hadir mengenakan pakaian adat. Pada upacara tersebut, Panitia menyiapkan 215 tumpeng untuk dimakan bersama warga masyarakat setelah pelaksanaan upacara.

Dengan mengunakan alat transportasi tradisional berupa andong, beberapa tokoh tersebut antara lain Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata, mantan Bupati Klaten Suharjono dan Sunarna serta perwakilan warga Klaten yang  merantau dari berbagai kalangan, Direktur BUMN hingga pimpinan perusahaan swasta menghadiri upacara hari jadi Kabupaten Klaten.

Tema besar yang diangkat dalam Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten tahun 2019 adalah Guyub Rukun Nyawiji Hambangun Nagari.

Melalui kebersamaan dan kontribusi para tokoh dan seluruh warga Klaten, diharapkan bisa memberikan kemajuan bagi Kabupaten Klaten ke depannya.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, memasuki usia ke-215 Kabupaten Klaten, semoga seluruh warga Klaten mendapatkan keberkahan, ketentraman kedamaian dan kenyamanan untuk hidup bermasyarakat.

Ia juga mengajak, seluruh masyarakat menjaga nama baik Klaten yang sudah mendapat banyak prestasi dan penghargaan hasil kerja keras  bersama seluruh warga. Bupati juga mengingatkan agar generasi muda Klaten jangan mengikuti hal-hal yang negatif seperti minuman keras, menyebarkan hoax dan lain sebagainya yang tidak sesuai dengan norma dan moral.

Ketua II Panitia  Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten, Ronny Roekmito mengungkapkan, pada pelaksanaan upacara di Alun-alun Klaten  pada Minggu pagi 28 Juli 2019  untuk Car Free Day (CFD) tetap dilaksanakan.

Seusai upacara dilaksanakan kirab 215 tumpeng yang  dibawa ke tengah Alun-alun Klaten. Setelah itu dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Klaten. Dilanjutkan dengan makan bersama dan lomba panjat pinang.

Setelah upacara dan makan bersama  dilanjutkan dengan ziarah ke Kyai Melati yang dipercaya sebagai cikal bakal Klaten dan ziarah ke Makam Bupati Klaten pertama di Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan.

Prestasi  Klaten pada tahun 2018 terbanyak meraih penghargaan seperti meraih penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas keberhasilannya mengurangi risiko bencana banjir melalui gerakan sekolah sungai.

Kemudian mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) atas prestasinya mewujudkan Akuntabilitas Kinerja dengan meraih nilai B.

Di tahun ini Pemkab Klaten juga mendapatkan penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI atas prestasinya dalam mewujudkan laporan keuangan sehingga mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kemudian meraih Prestasi Sertifikat Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001 : 2015 kepada Dinas Perindutrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Klaten dari PT Global Inspeksi Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Manajemen LSSM-058-IDN dalam ruang lingkup Sertifikasi: Pelayanan Kartu Pencari Kerja (AK/I), Pendataan Lowongan Kerja di Pemberi Kerja (AK/III), Pemanggilan Pencari Kerja (AK/IV) dan Pengantar Pemberi Kerja (AK/V).

Penghargaan lainnya di tahun 2018, Klaten juga meraih juara harapan I Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, juara 3 Lomba Kreasi Olahan Pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Berbasis Bahan Lokal.

Lalu juara III Lomba Makanan Khas Jawa Tengah Tahun 2018 Kategori Makanan Utama, Sebagai pelaksanan Terbaik III dalam Evaluasi 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pameran Produk

Kemudian Klaten sebagai Pemenang III Kategori Kabupaten dalam Pelaksana terbaik Pos Pelayanan terpadu (Posyandu) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Juara Harapan II Lomba Pameran Produk Unggulan dan Potensi Jawa Tengah kategori CRAFT dan Juara I Lomba Pameran Produk Unggulan dan Potensi Jawa Tengah kategori Penataan Stand.

Tahun 2018 Kabupaten Klaten juga sebagai Juara III Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Hemat Energi Kategori Instansi Pemerintah.

Juara II Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Dekranasda Carnival dan Juara Harapan III tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Stand Terbaik Pesona Kriya Dekranasda.

Sementara di tahun 2017, Kabupaten Klaten yang dipimpin Bupati Klaten juga berhasil meraih sejumlah penghargaan dan prestasi diantaranya, Juara Harapan II Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Juara 3 Stand Terbaik pada acara Jateng Fair dari Disperindag Provinsi Jawa Tengah. Rastra (Beras Sejahtera) Award terbaik ke-3 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dekranasda Carnival Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Klaten berhasil terbaik harapan ke-3. Lalu sebagai juara II Pemenang Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah Kategori Tenun sehingga meraih penghargaan Gubernur Jawa Tengah.

Di tahun yang sama Klaten juga mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah sebagai Bupati pelopor inovasi daerah.

Kabupaten Klaten meraih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI sebagai Kabupaten Peduli HAM. Pada tahun yang sama Bagian Hukum Setda Klaten oleh Menteri Hukum dan HAM RI ditetapkan sebagai Anggota integrasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

Kemudian tahun 2017 Kabupaten Klaten berhasil meraih penghargaan Untuk Kategori Percepatan Cakupan Akta Kelahiran Anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Kabupaten Klaten juga meraih Sertifikat Penghargaan Sebagai Kabupaten Pelaksana Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) Berprestasi dari Kementrian Pertanian.

Kabupaten Klaten juga mendapat Penghargaan Atas Tercapainya Luas Tambah Tanam Padi Periode Oktober2016 sampai September 2017 dari Kementrian Pertanian. Madi

Komentar

News Feed