Kamis, April 15, 2021
BerandaKalimantanPersiapan 100 Persen, Touring Adventure Trail Kodim 0912 Kubar Undang Rider Nasional...

Persiapan 100 Persen, Touring Adventure Trail Kodim 0912 Kubar Undang Rider Nasional dan Internasional

Kutai Barat, faktapers.id – Hingga saat ini persiapan Event Merah Putih Open Nasional Touring Adventure Trail Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, telah mencapai 100 persen.

Yakni mulai dari kesiapan panggung utama di Taman Budaya Sendawar (TBS), inapan selama dua hari bagi para rider, juga di sejumlah Lamin di TBS, serta jalur lintasan rider telah matang disiapkan oleh panitia pelaksana.

Ketua panitia pelaksana event tersebut, Muhammad Teddy Rakhmat, S.T, mengatakan saat ini telah dibuka Posko Panitia tempat pendaftaran bag rider yang ingin menjadi peserta Trail Merah Putih.

“Posko pendaftarannya diruang Koperasi Markas Kodim 0912 Kubar, Jalan Gajah Mada, Barong Tongkok, Sendawar. Bagi peserta terdekat bisa langsung datang mendaftar ke Posko Panitia di Makodim 0912 Kubar,” jelasnya kepada wartawan di Sendawar, Selasa (16/7/19).

Teddy menuturkan, dalam even yang direncanakan akan berlangsung selama dua hari, 3-4 Agustus 2019 itu para rider disuguhkan panorama alam natural Kubar, berjibaku dengan kubangan lumpur dan genangan air dijalanan, lembah, pegunungan sertangarai alam yang dilintasi.

“Jarak tempuh perjalanan rider selama dua hari sepanjang sekitar 150 kilo meter (KM). Kami mengundang para rider trail adventure se-Indonesia untuk datang ke Kubar dalam even ini,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini sudah sekitar 500 perider atau sebanyak 25 klub pemotor trail yang telah mendaftar. Diantaranya perider dari Kota Samarinda, Kabupaten Kukar, Mahulu, Balikpapan, Bontang, Kutim, PPU, Paser, dan Kubar.

“Sudah ada pula dari luar Provinsi Kaltim, yaitu dari Sulsel, Jakarta, Kalsel, Kalteng, dan Riau. Target peserta sekitar 500 rider. Tetapi meskipun pendaftarnya melebihi kuota akan tetap diterima. Pendaftaran ditutup pada 2 Agustus 2019,” tandasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0912/KBR, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas bagi para perider.  Tujuan utama even besar itu menurutnya, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019.

“Even Merah Putih Touring Adventure Trail Kodim 0912/KBR, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 kemerdekaaan RI. Menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dibawah naungan Pancasila dan UUD 1945,” ungkapnya.

“Adventure Trail Merah Putih  Kodim 0912 Kubar Open Nasional. Bahkan jika ada perider internasional, kami persilahkan untuk mendaftar,” tuturnya.

Dandim menguraikan, Touring adventure Trail oleh Kodim 0912/KBR itu akan dipusatkan di  di Taman Budaya Sendawar (TBS). Rute yang akan dilintasi telah dipilih dan disiapkan khusus agar para rider bisa menikmati jalur, keindahan alam, tantangan akses jalan, namun lebih diutamakan keamanannya.

“Rutenya dari TBS akan dilepas mengelilingi sejumlah kawasan wisata alam dan budaya di Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat, serta Linggang Bigung,” ungkapnya lagi.

“Even ini dibuka untuk umum. Selain menyalurkan hobi juga menghibur masyarakat, menghidupkan ekonomi kerakyatan. Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), mulai dari pelaku kuliner hingga pernak-pernik asli Kubar, diharapkan turut berpartisipasi,” tandas Anang Sofyan Effendi. Iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments