Prabowo Minta Kepulangan Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi, Ini Kata Waketum PAN

×

Prabowo Minta Kepulangan Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi, Ini Kata Waketum PAN

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan meminta kepada presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi untuk menolak kepulangan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menjadi syarat rekonsiliasi dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dia menyebut, bila Jokowi menerima syarat tersebut, itu akan menjadi preseden buruk. “Saya ingin menyerukan kepada presiden untuk menolak persyaratan tersebut karena ini bisa menjadi preseden buruk bagi pemilihan-pemilihan presiden berikutnya,” ujar Bara di Gedung DPR, Jumat (12/7/19).

Menurut Bara, rekonsiliasi pascapilpres seharusnya dilepaskan dari masalah hukum yang menyandung Rizieq. Bara juga menilai, pengajuan kepulangan Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi tidak etis. Menurut Bara, kubu Prabowo seharusnya tidak menyertakan syarat dalam rekonsiliasi.

“Seharusnya rekonsiliasi itu tidak mengajukan persyaratan-persyaratan dari pihak yang memang kalah. Jadi memang kunci dari rekonsiliasi itu agar bisa berhasil, agar bisa terlaksana, adalah sikap kebesaran hati yang ditunjukkan oleh pihak yang kalah,” katanya.

Ia mengatakan, rekonsiliasi mesti segera dilakukan tanpa syarat karena Pemilu 2019 telah menciptakan polarisasi di kalangan masyarakat.

“Memang pemilihan presiden kali ini berlangsung sangat panas, menimbulkan luka di masyarakat, menimbulkan polarisasi, sehingga perlu ada suatu tindakan simbolis berupa rekonsiliasi politik,” ujar Bara.

Sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani membenarkan bahwa pihaknya mengajukan pemulangan Rizieq ke Tanah Air sebagai syarat rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019.

Muzani tak membantah saat ditanya apakah Prabowo Subianto telah mengajukan syarat tersebut ke Presiden Joko Widodo. Tak hanya pemulangan Rizieq, Prabowo meminta pemerintah membebaskan sejumlah tokoh pendukung yang ditangkap karena terjerat kasus hukum.

“Ya keseluruhan (pemulangan Rizieq Shihab), bukan hanya itu. Tapi keseluruhan bukan hanya itu. Kemarin kan banyak ditahan ratusan orang. Lagi diproses-proses. Ya segala macamlah ya,” kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/19). fp01 (Kompas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *