oleh

Sekkab Gowa Buka Rapat Forum Kamtibmas di Kantor Bupati

Gowa, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Rapat Forum Koordinasi Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Baruga Krg Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Kamis (25/7/19).

Forum resmi dibuka oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, H. Muchlis juga dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gowa.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Gowa, Baharuddin T menjelaskan, rapat ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama secara optimal dengan unsur pimpinan daerah, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota secara berjenjang dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Gowa baik dari luar maupun dari dalam daerah,” ungkapnya.

Sementara H. Muchlis, mengatakan bahwa pertemuan kali ini menjadi sangat penting, karena ini adalah satu bagian mata rantai yang saling berkaitan tentang penyelenggaraan koordinasi di semua tingkat.

“Setiap daerah yang melakukan pengembangan dan pembangunan di daerahnya harus saling bahu membahu antara pemerintah serta unsur pemerintah lainnya dalam menjaga stabilitas daerah kita, karena jika tidak ada kestabilan keamanan di wilayah kita maka semua perencanaan kita akan terganggu,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, tiga hal yang perlu dicermati terkait keberadaan wilayah Gowa berbatasan langsung dengan pusat kota Provinsi Sulsel, sehingga keamanan extra sangat diperlukan.

“Ketiga poin tersebut yakni, pertama wilayah Makassar sudah padat untuk pengembangan yang sifatnya horisontal, sehingga secara perlahan pengembang akan mencari lokasi yang dekat dengan pusat kota. Kedua, trend barang bukti yang dimusnahkan terkait dengan narkoba yang mana kuantitasnya sangat besar dari tahun ketahun. Ketiga, wilayah Gowa sangat mudah masuknya aliran Islam radikalisme, sehingga diperlukan koordinasi yang baik dalam menjalankan roda pemerintahan,” tambah Muchlis

Dirinya berharap dengan digelarnya forum koordinasi kamtibnas ini, seluruh peserta mampu mengumpulkan data-data yang akurat tentang situasi stabiltas keamanan di wilayah Kabupaten Gowa saat ini.

Sekadar diketahui kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terdiri dari camat, sekcam, kapolsek, danramil, kepala seksi keamanan dan ketertiban kecamatan se-Kabupaten Gowa. Kartia

Komentar

News Feed