oleh

Sering Gonti-ganti BBM Bisa Merusak Mesin Kendaraan?

Jakarta, faktapers.id – Beragamnya pilihan bahan bakar minyak (BBM) membuat pemilik kendaraan tertarik untuk gonta-ganti BBM dari satu jenis ke jenis lainnya. Namun, apakah hal itu akan berdampak terhadap mesin kendaraan?.

Pakar bahan bakar dari Shell Global Solutions, Andreas Schaefer mengatakan, dalam waktu dekat bergonti-ganti BBM mungkin tidak akan berpengaruh.

“Ketika mengganti atau mencampurkan jenis BBM, saya kira tidak akan menimbulkan dampak buruk pada kendaraan kita,” kata Andreas, di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Meski begitu, Andreas mengingatkan hal tersebut tidaklah direkomendasikan. Pasalnya, pemilik kendaraan tidak akan mendapat hasil maksimal dari penggunaan bahan bakar tersebut.

“Lebih baik tidak mencampur atau mengganti BBM dalam waktu singkat. Sebab kinerja bahan bakar pada mesin tidak akan maksimal,” kata Andreas.

Terakhir, kata Andreas, sebaiknya pengendara tidak memasukkan campuran bahan lain terhadap bahan bakar. Penambahan zat lain ke dalam bahan bakar tidak bisa dilakukan sembarangan dan perlu pendampingan.

“Penambahan zat baru secara mandiri bisa menimbulkan efek yang tidak bisa diatasi sendiri. Jadi, sangat tidak direkomendasikan,” tegasnya. iha (Suara)

Komentar

News Feed