Rabu, Juli 28, 2021
BerandaSulawesiSMPN 14 Makasar Gandeng Skadron 11 Lanud Hasanuddin  untuk Pembentukan Karakter Peserta...

SMPN 14 Makasar Gandeng Skadron 11 Lanud Hasanuddin  untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik

Makassar, faktapers.id – SMP Negeri 14 Makassar menggandeng Skadron 11 Lanud Hasanuddin Republik Indonesia. Sebanyak 300 orang siswa/wi SMP tersebut andil dalam rangka pengembangan karakter peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang tangguh.

Personel Sekadron 11 Lanud Hasanuddin ini, yakni Letda Let/548231, Reno Aditya Purnama, kemudian Serka/532620 Riyanto, Serda/544267 Rayven Wilians T. Serda/533432 Purnama dan Praka/340739 Muhamad Samudra. Kehadiran Prajurit AURI bertujuan melaksanakan kegiatan pembentukan karakter dan kedisiplinan siswa/wi di SMPN 14 Makassar. Sabtu (20/7/2019).

Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari dan melibatkan siswa-siswi kelas VII SMPN 14 Makassar, tepatnya diperuntukkan bagi murid baru.

Sementara itu makna dari bela negara sendiri merupakan sikap dan perilaku warga negara yang di jiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Disela-sela pelaksanaan Bela Negara, Letda Reno Aditya Purnama mengatakan kepada awak media, bahwa kegiatan tersebut digelar guna menanamkan karakter, kedisiplinan dan cinta tanah air kepada siswa sejak dini. Sehingga siswa-siswi memiliki dedikasi dan integritas yang tinggi,

“Selain itu juga memiliki karakter yang kokoh, dan bisa mengembangkan perilaku yang menjadi percontohan dilingkungan sekolah maupun masyarakat,” terang letnan muda ini.

Pelatihan bela negara melingkupi pelatihan dasar baris berbaris, beberapa permainan seru serta tanya jawab. Pelaksanaan bela negara atau dikatakan pendidikan karakter bagi siswa-siswi berlangsung di halaman SMPN 14 Makassar.

Terlihat siswa-siswi antusias menjawab pertanyaan dari para pembina. Iming-iming hadiah menjadi resep jitu prajurit Skadron 11 Lanud Hasanuddin, singkat dikatakan Serka Riyanto, “siapa yang berhasil menjawab akan diberikan hadiah,” sambil mengambil tas ranselnya.

Selaku pembina di kegiatan ini Reno Aditya dan kawan-kawan dari Skadron 11 Lanud Hasanuddin mengucapkan terima kasih kepada jajaran SMPN 14 Makassar atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Sehingga kegiatan pelatihan pembentukan karakter kebangsaan, serta bela negara berjalan lancar.

“Diharapkan nantinya dapat membangun karakter siswa-siswi menjadi lebih baik. Kemudian memiliki sifat kepemimpinan dan kedisiplinan yang tinggi, serta dapat meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kemudian sedikit permainan melatih kekompakan, melalui bela negara ini merupakan pendidikan karakter, psikologi dan sebagainya,” terang Reno.

“Kegiatan ini kemudian akan  di aplikasikan di kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Reno menyebutkan tujuan dari bela negara yang sekarang namanya pendidikan karakter untuk melatih karakter yang baik buat anak-anak, seperti disiplin dan sebagainya.

Sementara itu,Letnan Dua Letkol Aditya Purnama dari kesatuan Skadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar menuturkan maksud di adakannya bela negara ini untuk memberikan pelajaran kedisiplinan kepada siswa-siswi SMPN 14 Makassar. Mereka akan belajar tata krama kepada orang tua, keluarga dan guru-guru, tidak membolos sekolah.

“Seperti berangkat sekolah tepat waktu, menyimak pelajaran dari guru, patuh dan taat kepada orang tua,” tegas Reno.

Pelatihan semacam ini diperlukan, karena kondisi saat ini yang penuh dengan tantangan. Agar dapat meningkatkan kedisiplinan, ketahanan mental serta akan membentuk semangat pantang menyerah.

“Sehingga menjadi manusia yang berwawasan kebangsaan, cinta merah putih dan cinta NKRI. Karena bangsa ini memiliki empat konsensus kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” pungkasnya. Hamzan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments