Senin, April 12, 2021
BerandaTerungkap, Polda Jabar Sebut Insiden Polisi Koboi Akan Ditangani Mabes Polri
Array

Terungkap, Polda Jabar Sebut Insiden Polisi Koboi Akan Ditangani Mabes Polri

Bandung, faktapers.id – Pria yang menodongkan senjata api (senpi) ke seorang pemuda di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, ternyata merupakan anggota polisi. Polda Jabar memastikan kasus polisi koboi tersebut akan ditangani Mabes Polri.

“(Ditangani oleh) Mabes (Polri),” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Kamis (4/7/19).

Rabu (3/6/19) kemarin, Truno sempat menyebut insiden koboi di Lembang ini ditangani Ditreskrimum Polda Jabar. Namun kini Truno menyampaikan keterangan anyar berkaitan persoalan tersebut.

Truno tak menjelaskan lagi terkait kasus itu. Ia menegaskan saat ini Mabes Polri yang tengah menangani pria koboi tersebut.  “Mabes yang menangani,” kata Truno.

Sebelumnya, video aksi koboi itu menjadi viral di media sosial Instagram. Tayangan berdurasi 59 detik itu pertama kali diunggah oleh akun @bdgsosmed.

Dalam video yang diambil warganet dalam mobil, terlihat ada tiga orang pria tengah beradu argumen di pinggir jalan, satu di antaranya diduga membawa pistol. Pria berpistol itu disebut-sebut menodong dan mengejar pria disabilitas mental.

Ternyata pria pembawa pistol itu diketahui merupakan anggota polisi. Hal itu diungkapkan Divisi Humas Polri melalui akun Instagram resminya, @divisihumaspolri, Rabu (3/6/19). Berdasarkan pantauan, Kamis (4/7/19), klarifikasi itu diungkapkan melalui dua tayangan video dan gambar yang diunggah dalam waktu berdekatan.

Video dengan judul “AKSI INTIMIDASI DI KBB MENGGUNAKAN SENJATA API” direkam dan diunggah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Minggu (30/6/19) pukul 14.30 WIB

Dan disebarkan melalui medsos, tanpa cek dan mencari tahu fakta yang sebenarnya

Fakta sebenarnya adalah polisi memberikan peringatan, terhadap pelaku pemerasan, pemalakan, pengancaman dan penganiayaan yang meresahkan warga.

Tindakan Polisi ini mendapat pujian dari Netizen,” tulis Divisi Humas Polri dalam unggahan pertamanya.

Sementara itu, di tayangan yang kedua, Divisi Humas Polri mengunggah gambar dengan judul ‘AKSI POLISI KOBOI PELINDUNG MASYARAKAT DI LEMBANG BANDUNG’.

Fakta sebenarnya adalah ada seorang polisi tanpa seragam diberhentikan saat melintasi jalan tersebut. Setelah pelaku memeras dan mengancamnya, polisi tersebut memberikan peringatan kepada pelaku untuk menghentikan aksi premanisme.

Pelaku sering melakukan pemerasan, pengancaman dan penganiayaan, bahkan terhadap ibu kandung dan saudara kandungnya. Sontak hal tersebut mengundang pujian, apresiasi dan tanggapan positif dari masyarakat,” tulisnya dalam uraian unggahan kedua.

Meski dipastikan polisi, identitas sang koboi itu belum diketahui. Akun @divisihumaspolri hanya menulis, “polisi yang tak diketahui identitasnya menggagalkan aksi premanisme yang sudah meresahkan masyarakat, tepatnya di Desa Mekarwangi, Lembang, Bandung, Jawa Barat.” uaa (detikcom)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments