oleh

Tumpukan Sampah Meluber di Pasar Adipuro, Kemana Fungsi Dinas Terkait ?

Lamteng, faktapers.id – Lingkungan yang asri dan bersih sangat di dambakan oleh banyak kalangan. Bahkan hal tersebut dijadikan sebagai patokan oleh Negara mengenai wilayah atau daerah bersih dengan memberikan penghargaan Adipura sebagai kota bersih.

Meski begitu hal tersebut tidak semata-mata dapat terwujud seperti membalikkan telapak tangan. Pasalnya untuk dapat dikatakan sebagai kota atau wilayah terbersih harus di lakukan tidak hanya di tingkat atas namun harus dari tingkat yang bawah seperti kecamatan.
Akan tetapi justru tidak demikian yang ditunjukkan oleh salah satu daerah Kelurahan Adipuro, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah justru bertolak belakang dengan tujuan dari lemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Dikarenakan terdapat tumpukan sampah yang berada di Pasar Adipuro, Kelurahan Adipuro.
Pemandangan tidak sedap disebabkan tumpukan tampah yangi terlihat hampir menggunung di tempat pembuangan sampah yang ada di sudut belakang pasa. Bahkan hingga kini (Rabu) pukul 02:00 dinihari, sampah yang belum juga diangkut tersebut, membuat tumpukan sampah hingga meluber ke jalan dan menutup akses pembeli menuju kios-kios di pasar.

Bagi masyarakat setempat, yang tentunya hal tersebut sangat mengganggu, baik bagi pedagang maupun pengunjung dan lingkungan sekitarnya.

Tanggapan atas kejadian tersebut disampaikan oleh Toni Sastra Jaya, selaku Tokoh Pemuda di Kecamatan Trimurjo yang sangat kecewa dengan kinerja aparatur pemerintah, khusuanya Dinas Kebersihan yang seperti tidak mengurusi atau belum diurus masalah sampah tersebut di Pasar Adipuro.

Tosa panggilan akrab Toni Sastra Jaya berharap kepada para dinas maupun perangkat daerah setempat untuk peduli atau peka terhadap persoalan-persoalan yang menyebabkan lingkungan Adipuro tidak sedap dipandang mata.

“Tempat menggunugnya sampah tersebut yang juga berdekatan dengan Sekolah Dasar, sangat tidak baik bagi kesehatan para siswa/i atau tidak elok dipandang mata. Kepada Bupati Lampung Tengah untuk segera turun langsung ke bawah dan mengontrol kinerja anak buah. Jangan hanya duduk manis di belakang meja saja dan mendapat laporan dari anak buahnya, tegasnya kepada Harian Faktapers dan faltapers.id, Rabu (23/7/2019) malam di sekitar Pasar Adipuro.

Dilain tempat, Melky sebagai salah satu kemanan (security) di Pasar Adipuro mengungkapkan bahwasannya sampah tersebut sudah bertahun-tahun tidak dibuang dan dibiarkan tertumpuk begitu saja. Beliau heran dengan pemandangan seperti ini didiamkan saja. Karena setahu beliau uang retribusi untuk permasalahan yang ada di pasar selalu ditarik dari pedagang dan retribusi tersebut ditarik setiap hari senin, kamis dan sabtu.

Para pedagang pun mempertanyakan kemana larinya uang retribusi yang selalu ditarik, akan tetapi hanya masalah sampah saja bisa sampai menggunung dipasar yang dampaknya kedepan tidak baik bagi kesehatan. Uaa

Komentar

News Feed