oleh

Tutup Latihan Pengamanan VVIP, Pangdam: Ingat! Ini Bukan Sekedar Rutinitas

Bali, faktapers.id – Panglima Daerah Militer IX/Udayana (Pangdam IX/Udayana), Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., menutup gelaran latihan pengamanan Very Very Important Person(Pam VVIP) yang diselenggarakan di Lapangan Parkir, ITDC, Nusa Dua, Badung, Sabtu (13/7).

Pelatihan yang diselenggarakan selama 5 hari ini sendiri merupakan program tahunan yang dilaksanakan guna meningkatkan dan menjaga kemampuan pengamanan VVIP dari satuan pasukan Pam VVIP.

“Latihan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga profesionalitas satuan saya dalam melaksanakan Pengamanan VVIP, yang merupakan bagian dari rumusan tugas pokok TNI, selain perang,” ujarnya.

Dalam amanatnya, Pangdam mengingatkan kepada satuan pasukannya tersebut agar memahami dan menghayati setiap materi pelatihan yang telah diberikan agar mereka benar-benar siap apabila kapan saja datang situasi dan kondisi yang membutuhkan pengamanan.

“Walaupun latihan ini program yang setiap tahun kita laksanakan, tapi saya ingatkan jangan hanya dianggap ini sekedar rutinitas biasa,” tegasnya.

Lebih lanjut, Pangdam memaparkan materi yang diberikan dalam skenario latihan pengamanan VVIP ini, yaitu, antisipasi ancaman dari pembunuhan, ancaman dari pelaku bom bunuh diri, dan juga ancaman dari bencana alam.

“Semua kita mainkan dalam simulasi latihan ini,” ujar Pangdam.

Sementara itu, Managing Director Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), I Gusti Ngurah Ardita yang turut hadir dalam upacara penutupan tersebut mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan pelatihan tersebut. Karena menurutnya pelatihan tersebut dapat meningkatkan value dari kawasan ITDC.
Sebagaimana kita ketahui, kawasan ITDC ini sering menjadi tempat pertemuan-pertemuan penting Nasional bahkan Internasional yang skala besar.

“Pelatihan akan menjadikan peningkatan value dari kawasan ini. Sehingga nanti, yang ingin menyelenggarakan event besar internasional tidak ragu lagi karena untuk unsur keamanan sudah diadakan latihan ini, tentu ini akan meningkatkan value kita,” ujarnya.

“Sebagaimana kita ketahui juga, dua unsur penting dalam industri pariwisata adalah safety dan security baru kemudian pelayanan yang terbaik. Dan ini nanti akan kita turunkan menjadi SOP kawasan,” tegasnya.

Nampak turut hadir dalam acara tersebut Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udy, Para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy dan Tim Wasevlat Mabes TNI serta undangan lainnya. Ans

Komentar

News Feed