oleh

Universitas Muslim Maros dan P3E Suma Teken Nota Kesepahaman Kerjasama

Makassar, faktapers.id – Bak gayung bersambut, kunjungan Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc., Ph.D, selaku Rektor Universitas Muslim Makassar beserta rombongan ke Kantor P3E Suma, yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Km 17 secara bersahaja disambut antusias Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si (Kepala P3E Suma), Selasa (9/7/19).

Maksud serta tujuan dilaksanakannya nota kesepahaman kerjasama ini, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan pendampingan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) lingkungan hidup kepada pihak perguruan tinggi dalam hal ini UMM untuk melakasanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutnya pihak perguruan tinggi, Universitas Muslim Maros bertanggungjawab untuk melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan aturan atau ketentuan yang ada.

Ruang lingkup nota kesepahaman sendiri meliputi, pengembangan Green/Eco-Campus.

Pemanfaatan informasi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan serta kearifan lokal.

Peningkatan kapasitas sumber daya manusia baik pada lingkup Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun di Universitas Muslim Maros.

Kemudian penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan serta kearifan lokal.

Berikutnya, peningkatan pemahaman di bidang lingkungan hidup dan kehutanan serta kearifan lokal dan kegiatan lain yang dipandang perlu dan disepakati kedua belah pihak.

Kepala P3E Suma, Dr Ir.Darhamsyah, M.Si mengatakan, pertemuan kali ini merupakan bentuk transformasi dari kelembagaan P3E Suma, di mana sudah ada beberapa produk yang sudah dihasilkan, misalnya dari daya dukung daya tampung yang telah dipakai di beberapa kabupaten/kota, serta beberapa fungsional pengendali dampak ligkungan, dan lain-lain.

“Diharapkan sinergi antar kampus ini, yakni Universitas Muslim Maros mempunyai diferensiasi yang berbeda yakni adanya effort dan inisiatif dari pihak Kampus Universitas Muslim Maros untuk peduli terhadap lingkungan, dan menjadi pionir di dalam dunia Green Campus,” ujarnya.

“Dan P3E Suma siap membantu kampus ini untuk menuju ke sana,” tutupnya. Hamzan

Komentar

News Feed