oleh

Wujudkan Majalengka Raharja, Budayakan Konsumsi Makanan dengan Menu B2SA

Majalengka, faktapers.id – TP PKK Kabupaten Majalengka melaksanakan lomba cipta menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman). Kegiatan yang digelar di Aula BKPSDM Majalengka, Senin (15/7/19) dibuka langsung Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd, didampingi Ketua TP PKK Hj. Dra. Dedeh Karna Sobahi.

Turut hadir Wakil ketua 1 TP PKK Siti Mulyawati Tarsono, Sekda Drs. Ahmad Sodikin, para Kepala OPD, camat serta TP PKK Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka, Hj. Dedeh Karna Sobahi mengatakan, lomba keanekaragaman makanan berbahan baku lokal, ikan patin, dan lomba cipta menu B2SA bertujuan mendorong adanya kreasi dan inovasi olahan pangan lokal, untuk konsumsi sehat seluruh anggota keluarga melalui B2SA.

Dedeh menambahkan, kegiatan ini sangat membantu program Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam meningkatkan ketahanan pangan dan mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan cerdas dalam membudidayakan sumber daya lokal yang ada di Kabupaten Majalengka.

Hal itu merupakan salah satu dari program PKK dalam mendukung tingkat kesehatan masyarakat, dengan menghadirkan inovasi baru dalam pengelolaan bahan pangan yang berkualitas, sehat, dan bergizi, serta berinovasi membuat bahan makanan dari ikan patin.

“Kami harapkan nantinya ini bisa menjadi salah satu menu makanan di perhotelan dan rumah makan yang ada di Kabupaten Majalengka,” kata Dedeh.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Dr H. Karna Sobahi menyampaikan, melalui kegiatan lomba B2SA, nantinya masyarakat bisa mengolah bahan makanan dari hasil alam yang ada di Kabupaten Majalengka dan diharapkan bisa mendorong kepada seluruh masyarakat Majalengka untuk berinovasi dalam memiliki daya jual dan ciri khas yang unik untuk menarik pembeli.

Kegiatan TP PKK ini, kata dia, salah satu inovasi makanan sehat dan bergizi serta menu makanan khas serta kearifan lokal Majalengka.

“Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, selain menghadirkan keanekaragaman produk ciri khas Majalengka, juga menyajikan aneka ragam bahan pangan berkarbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, yang dikonsumsi dengan jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang seimbang,” ujar Bupati. Lintong Situmorang

 

Komentar

News Feed