Kamis, April 15, 2021
BerandaAnak Desa Langan Menjadi Bupati Melawi
Array

Anak Desa Langan Menjadi Bupati Melawi

Melawi, faktapers.id – Panji, S.Sos (55) adalah seorang anak terlahir dari Desa Langan, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi. Panji adalah seorang anak yatim piatu yang memiliki otak cerdas dan merupakan politisi yang disegani baik kawan maupun lawan.

Diusianya 5 tahun, sang ayah tercinta telah pergi meninggalkannya karena dipanggil sang pencipta, demikian juga ketika berusia 7 tahun, sang ibu menyusul meninggalkan dirinya. Sebagai seorang anak desa, tentu Panji punya cita-cita ketika sudah besar. Untuk mencapai cita-cita tersebut langkah yang dilakukannya adalah belajar dan belajar.

Sejak kecil, Panji memang dikenal oleh teman-temannya sebagai kutu buku, karena tiada hari tanpa membaca buku dibenaknya.

Usai menyelesaikan pendidikan dasarnya di salah satu sekolah dasar (SD) di Kecamatan Nanga Tempunak, Kabupaten Sintang. Panji meneruskan sekolahnya dan menamatkan pendidikan lanjutan pertama di SMP Setia Budi Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi.

Kecerdasan otaknya yang luar biasa, dengan prestasi belajar yang baik, menjadikan dirinya mendapatkan bea siswa di seminari Garum, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.Berbekal ilmu seminari yang diperolehnya tersebut, kemudian Panji pulang ke desa kelahirannya dan mengabdikan diri sebagai seorang pembantu karya-karya sosial pastoral.

Selanjutnya, Panji menjadi katekis lapangan untuk Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu Kabupaten Sintang saat itu, serta menjabat sebagai Ketua Dewan Paroki Belimbing selama 2 (dua) periode dan sempat menjadi guru swasta honorer selama delapan tahun.

Karier politik dirintisnya mulai tahun 1995 dengan menjadi pengurus Komisaris Kecamatan Partai Golkar di Kecamatan Belimbing yang kemudian mengantarkan dirinya menjadi anggota DPRD Kabupaten Sintang. “Karena terjadi pemekaran wilayah, pada Pemilu 2004 lalu, Panji terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten Melawi. Demikian juga pada Pemilu legislatif 2009 lalu juga kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Melawi dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Melawi.

Pada tahun 2010-2015 Panji menjabat sebagai Wakil Bupati Melawi mendamping H. Firman Muntaco. Pada tahun 2015 ia mencalonkan diri sebagai Bupati Melawi yang berpasangan dengan Dadi Sunarya. Dalam pemilihan Bupati 2015 mereka memenangkan pemilukada Melawi dengan perolehan suara sebanyak 74.460 suara.

Sadar akan pentingnya pendidikan untuk mengimbangi tuntutan pekerjaan sebagai wakil rakyat yang memerlukan
pemahaman dan penalaran, disela-sela kesibukan sebagai wakil rakyat, Panji mampu menyelesaikan studynya di Universitas Kapuas Sintang Jurusan Ilmu Sosial Politik.

Politikus yang berperawakan kecil ini sangat dikenal masyarakat Kabupaten Melawi, khususnya di Kacamatan Belimbing sebagai sosok yang sangat kokoh serta memiliki pandangan dan sikap, bahwa kepentingan masyarakat adalah segala-galanya.

Banyak pula pemikiran dan keputusan cerdas yang telah disumbangkannya untuk membangun dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Melawi yang relatif masih muda pada saat dirinya masih menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Melawi hingga menjabat Wakil Bupati Melawi periode tahun 2010-2015 dan hingga saat ini Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Melawi yang juga sebagai Bupati Melawi. Abd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments