Minggu, April 11, 2021
BerandaAyo..!  Baca Buku Dengan Nyaman di Jakbook Pasar Kenari
Array

Ayo..!  Baca Buku Dengan Nyaman di Jakbook Pasar Kenari

Jakarta, Faktapers.id –  Guys, di Pasar Kenari Lt.3 ada toko-toko buku, yang merupakan penjual buku pindahan dari Kwitang da Senen). Tempatnya enak ber Ac, bersih, ada mushola, ada kedai kopi nya.

Nama tempatnya adalah Wisata Buku Jakbook, baru diresmikan Gubernur sekitar 4 bulan lalu. Ada coffee corner di sudut hall ini Ini semacam tempat bersantai sambil baca buku.

Tempat ini pada hari Sabtu-Minggu tetap buka, meski pasar di lantai bawahnya tutup. Oleh karena itu jika kalau kesana dan menemukan keadaan sepi banget, seolah gedungnya tutup, tetap masuk aja dan langsung parkir di rooftop gedung.

Banyak Fasilitas

Memasuki Lt 3, terlihat ruangan luas, sejuk, dan bersih menyambut setiap pengunjung saat menjejakkan kaki di lantai tiga Pasar Kenari, di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Jangan kaget, berbeda dengan lantai-lantai di bawahnya yang sedikit kotor dan pengap, di lantai tiga pasar itu lebih terlihat seperti pusat perbelanjaan modern yang banyak bertebaran di belantara beton ibu kota.

Beberapa bulan yang lalu, Tepatnya pada 29 April 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan lantai tiga Pasar Kenari sebagai salah satu sentra belanja buku di Jakarta yang diberi nama ‘Jakbook’.

Sentra buku Pasar Kenari yang dikelola Pemprov DKI Jakarta melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya itu digadang menjadi surga baru bagi para pecinta buku sekaligus dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

Di lantai tiga gedung Pasar Kenari ini sebanyak 66 kios pedagang dan satu gerai besar buku Jakbook akan memanjakan siapa saja yang ingin berburu buku.

Beraneka ragam jenis buku, dari baru maupun bekas, baik keluaran Indonesia maupun buku impor berbahasa Inggris, Arab, hingga Jepang, semua tersedia di tempat ini.

Pengunjung tidak akan berpeluh keringat saat mencari buku yang mereka inginkan, karena pendingin udara aktif menyejukkan ruang seluas sekitar 714 meter persegi itu.

Sejumlah fasilitas lainnya seperti eskalator, mesin-mesin ATM, ruang menyusui, co-working space, dan tiga titik tempat membaca kekinian turut memanjakan pengunjung di pasar buku ini. Terdapat juga gerai kopi dengan sofa-sofa yang empuk menjadi pilihan tempat membaca buku yang nyaman.

Kemudahan tidak hanya diberikan kepada pengunjung. Pasar Jaya juga memberikan kemudahan kepada para pedagang buku yang berjualan di lokasi tersebut.

Dari 66 kios yang ada, semuanya diisi pedagang dari sentra buku terdahulu di Kwitang dan Pasar Senen tanpa biaya sewa kios selama setahun.

Biaya yang dibayar para pedagang, kata Staf Pemasaran Perumda Pasar Jaya, Astri Vinasty, hanya untuk biaya perawatan, kebersihan, dan pelayanan yang berkisar Rp250 ribu-Rp500 ribu per kios tergantung ukurannya.

Dalam area yang sama Pasar Jaya juga menghadirkan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang bernama Tempat Penitipan Anak (TPA) Negeri Bina Tunas Jaya 4.

Layanan gratis ini memfokuskan pada pengembangan anak usia dini, khususnya bagi anak dari para penjaga toko di Pasar Kenari.

Salah seorang pedagang buku di Pasar Kenari mengutarakan, suasana berjualan di lokasi barunya ini jauh lebih nyaman dibandingkan kios lamanya yang berada tak jauh dari Terminal Bus Pasar Senen.

Dahulu panas dan bising suara kendaraan bermotor. Kini setiap hari selalu sejuk dan tidak pernah merasakan polusi udara saat berjualan. Uaa

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments