Senin, April 12, 2021
BerandaJawaBupati Hadiri Peringatan HLUN ke-21 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Majalengka

Bupati Hadiri Peringatan HLUN ke-21 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Majalengka

Majalengka, faktapers.id – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ( HLUN) Ke-21, Pemkab Majalengka dalam hal ini Dinas Soisal selenggerakan Peringatan Hari Lansia ke-21 dan Pelantikan Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kecamatan se- Kabupaten Majalengka Masa Bakti 2019-2024, bertempat di Gedung Yudha, Senin (27/8).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda, pini sepuh Kab. Majalengka, Ketua Komda Lembaga Lansia Indonesia Kab. Majalengka, para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab. Majalengka, para kepala OPD, para Camat, Ketua TP PKK Kab. Majalengka beserta jajarannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka beserta jajaran pengurusnya, Ketua Lembaga Lansia Kab. Majalengka beserta organisasi pensiunan dan peduli lansia di Kab. Majalengka, serta undangan lainnya.

Dalam laporannya Ketua Penyelenggara sekaligus Ketua Dinas Sosial Kab. Majalengka, dr. H. Gandana Purwana, MARS., mengemukakan bahwa sebagai wujud pelaksanaan amanat Undang-undang No. 13 Tahun 1989 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Maksud kegiatan ini adalah sebagai upaya interlanisasi nilai-nilai penghormatan Masyarakat terhadap lanjut usia, sementara itu tujuannya adalah meningkatkan kepedulian sosial masyarakat terhadap lanjut usia, meningkatkan partisipasi sosial masyarakat terhadap lansia kemudian juga meningkatkan kesadaran diri kaum muda terhadap lanjut usia.

Lebih lanjut Kadinsos memaparkan, tema kegiatan HLUN tahun 2019 ini adalah “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat. Adapun rangkaian kegiatan dalam peringatan HLUN ke-XXI antara lain, pemberian paket sembako sebanyak 900 paket yang di berikan kepada petugas kebersihan sebayak 144 orang, abang becak sebanyak 91 orang, organisasi Lansia sebanyak 75 orang, Lansia di 26 Kecamatan sebanyak 15 orang perkecamatan dengan jumlah total 390 orang, anggota LLI Kecamatan se-Kab. Majalengka sebanyak 200 orang, selain itu dalam kegiatan ini akan diselenggarakan pengukuhan kepengurusan Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kecamatan se- Kab. Majalengka periode tahun 2019-2024.

Sementara itu sambutan Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan, bahwa sungguh merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan disertai rasa syukur kehadirat Allah SWT bahwasanya hari ini bisa hadir sekaligus bersilaturahmi dengan ibu dan juga Bapa yang sudah lanjut usia, ada makna, hikmah dan juga pembelajaran yang harus kita ambil dari silaturahmi ini. HLUN yang setiap tahunnya diperingati merupakan bentuk karakter bangsa Indonesia yang sangat menghargai dan menjungjung tinggi harkat dan martabat orang tua dan leluhurnya, karena dalam kapasitasnya para lansia memiliki kebijakan, kearifan, serta pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan Nasional di masa mendatang.

Lebih lanju Bupati mengatakan, pada peringatan HLUN Nasional ke-21 tahun 2019 ini kita berharap dapat terus memperhatikan Lansia agar dalam hidupnya tetap bermartabat dan sejahtera serta terpelihara kesehatannya, artinya negara memiliki tugas mulia untuk mensejahterakan lansia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan pengabdian dari segenap komponen bangsa untuk bersama-sama melindungi, menyayangi dan meningkatkan taraf hidup lanjut usia sehingga diharapkan akan tercapai lanjut usia Indonesia sejahtera lahir dan batin, hal demikian sejalan dengan empat aspek kehidupan di usia lanjut yaitu, aspek pertama adalah sehat fisik, jiwa dan sosial, aspek kedua sejahtera yang berarti secara ekonomi hidup berkecukupan agar dalam usia lanjutnya dapat tetap mandiri, aspek ketiga keluarga yang harmonis yang berarti suami isteri akur, tetap memelihara kasih sayang, aspek ke empat hidup yang mandiri, bermartabat dan bermakna hingga akhir hayat.

Selain dari itu salah satu wujud kepedulian terhadap lansia, dibentuklah kelembagaan Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kab. Majalengka yang berfungsi dapat menampung apresiasi, memberdayakan serta menjadi lembaga yang memfasilitasi terpenuhinya hak-hak para lanjut usia.

“Kita melihat kondisi objek sasaran dari pada lansia ini adalah mereka yang sudah memiliki usia lanjut oleh karena itu tugas pemerintah itu memfasilitasi dan memberdayakan mereka disamping itu juga ada undang-undang yang mengatur bahwa pemerintah harus hadir di tengah-tengah kondisi dan keadaan lansia sehingga tentunya pemerintah berkewajiban membuat program-program layanan kepada mereka,” tutup Bupati.

Usai sambutan Bupati, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kecamatan se-Kab. Majalengka masa bakti 2019-2024 dan pemberian bantuan paket sembako kepada para lanjut usia oleh Bupati Majalengka. Lintong Situmorang

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments