Kamis, April 15, 2021
BerandaBus Transjakarta dan Truk Pol PP Angkut Pengungsi
Array

Bus Transjakarta dan Truk Pol PP Angkut Pengungsi

Jakarta, faktapers.id – Lima armada Transjakarta dan empat truk Satpol PP Pemkot Jakarta Barat disediakan untuk mengangkut barang-barang, maupun para pengungsi pencari suaka yang ada di gedung Eks Kodim Jalan Bedegul Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (28/8/2019).

“Pemkot Jakbar mengerahkan empat truk untuk mengangkut barang barang para pengungsi. Kalau para pengungsinya, rencananya mereka akan menggunakan bus Trans Jakarta,” kata Kasatpol PP Kecamatan Kalideres, Romansen Sirait.

Dari pantauan di lokasi pengungsian pencari suaka dijalan Bedegul Daan Mogot Baru Kalideres, para pengungsi pencari suaka itu, mereka satu persatu di data ulang oleh pihak United Nations High Commisioner Refugees ( UNHCR), untuk diberangkatkan dengan menggunakan bus Transjakarta.

Salah satu pengungsi pencari suaka asal Afganistan Ali Khan mengatakan dirinya tak menjadi masalah akan di relokasi. Dirinya, kata Ali, belum mengetahui akan di relokasi kemana, namun yang terpenting baginya asalkan lokasi itu nyaman untuk ditempatkan.

“Ya ketimbang kami di gedung ini tidak lagi ada air dan listrik,” ucap Ali.

Dari informasi beberapa pengungsi, mereka juga tidak tahu akan dipindahkan ke mana.

“Kami tidak tahu pindah ke mana, nurut saja,” kata Ali pengungsi asal Sudan.

Seorang pengungsi asal Somalia menyebut, hari ini ada pengungsi dari dua negara yang akan dipindah terlebih dulu, yakni Somalia dan Sudan. Ada sebanyak 170 orang dari kedua negara tersebut yang akan dipindah ke tempat penampungan baru.

Proses pemindahan berlangsung tertib. Pihak UNHCR memanggil satu persatu untuk pengungsi yang masih lajang, diikuti dengan pengungsi yang telah berkeluarga.

Pemindahan para pencari suaka dari Kalideres ini menggunakan lima bus Transjakarta warna oranye. Sementara untuk barang-barang mereka diangkut menggunakan empat truk Satpol PP. Iring-iringan mobil pengungsi itu dikawal oleh kepolisian, koramil, dan Satpol PP. man

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments