Minggu, Juli 25, 2021
BerandaSulawesiDemo Tambang Ilegal, Ini 5 Tuntutan Ikatan Mahasiswa Aktivis Lintas Kampus

Demo Tambang Ilegal, Ini 5 Tuntutan Ikatan Mahasiswa Aktivis Lintas Kampus

Maros, faktapers.id – Massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Aktivis Lintas Kampus melakukan aksi demonstrasi menyoal keberadaan tambang ilegal di Kabupaten

Maros khususnya di Kecamatan Tompobulu, Tanralili, dan Moncolloe, termasuk di Kecamatan Maros baru dan Bantimurung, di Kantor DPRD Kabupaten Maros, Kamis (1/8/19).

Jendral lapangan, A. Achmad Ali Akbar mengatakan, berdasarkan fakta lapangan, banyak aktivitas penambangan yang beroprasi tanpa adanya kejelasan terkait status tambang yang masih beroprasi sampai hari ini.

Oleh karenanya, pihaknya menegaskan beberapa tuntutan:

1. Meminta Bupati Maros mengkaji ulang moratorium dan mengevaluasi segala bentuk administrasi pertambangan yg ada di Kabupaten Maros.

2. Mendesak Bupati Maros untuk tidak lagi memungut segala bentuk retribusi dan atau pajak pertambangan ilegal.

3. Mendesak pihak Satpol PP dalam hal penertiban perda dan atau peraturan bupati terkait penegakan dan pengawasan moratorium Bupati Maros tentang aktivitas pertambangan dan atau administrasi pertambangan.

4. Mendesak pihak DPRD Maros untuk melakukan hak angket serta mendesak DPRD Komisi II dan Ketua DPRD untuk menertibkan pertambangan ilegal berdasarkan hak imunitas anggota DPRD Kabupaten Maros.

5. Meminta Kapolres Maros untuk mengusut dugaan keterlibatan Muh Aming Ince Dg. Gassing yang diduga membackup aktivitas tambang ilegal hampir di setiap kecematan khususnya di Moncolloe dengan dalih mengatasnamakan oknum aparatur negara.

“Oleh karena itu, kami meminta agar persoalan pertambangan yang dimaksud dapat diatensi dan sesegera mungkin dapat diselesaikan dengan secara bijak,” ujarnya. Anchank

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments