oleh

Dibantu Petugas, Warga Pademangan Rapikan Bangunan di Atas Saluran Air

Jakarta, faktapers.id – Sejumlah warga RW 01 dan 08 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara dibantu petugas gabungan merapikan bangunan yang berada di atas saluran air. Hal ini dilakukan guna mewujudkan Kota Jakarta Utara yang tertata rapi.

Warga RT11/08 Kelurahan Pademangan Timur, Antoni mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan petugas gabungan yang turut membantu merapikan sebagian bangunan miliknya yang berada di atas saluran air. Diakuinya keberadaan bangunan berupa kandang yang didirikannya menyalahi aturan yang ada.

“Terima kasih buat petugas yang membantu kami sekeluarga merapikan kandang. Kita menyadari kandang ini berada di jalur hijau yang tidak seharusnya dibangun apa pun,” ungkap Antoni, saat ditemui di Jalan Pademangan V, RT11/08 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (29/8).

Dia berharap, warga lainnya turut menyadari kesalahan pendirian bangunan jika berada di jalur hijau seperti di atas saluran air. Serta merapikan bangunan tersebut yang dibantu petugas gabungan, seperti dari Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air, Satpol PP, hingga Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

“Harapan kami warga lainnya turut merapikan jika ada bangunan yang tak pada zonanya. Bisa minta bantuan juga kepada petugas dari pemerintah,” jelasnya.

Sementara Camat Pademangan Mumu Mujtahid mengapresiasi inisiatif masyarakat yang sadar dan merapikan bangunan yang tidak sesuai lokasi peruntukannya. Upaya preventif seperti sosialisasi sembari melayangkan surat peringatan sudah diberikan kepada masyarakat sebelumnya.

“Ini warga sendiri yang membongkar. Kami (apparat pemerintah) hanya sebagai pendamping dan memberikan bantuan tenanga dengan menerjunkan petugas teknis. Alhamdulillah warga menyadari dan memahami bangunan yang berada di atas saluran air ini menyalahi aturan,” paparnya.

Ke depannya, dipastikannya saluran air akan dibangun turap sehingga berfungsi seperti sedia kala. Serta akan dibangun trotoar dan taman sebagai pelengkap fasilitas umum yang berada di pemukiman warga.

“Nanti di sepanjang jalan ini salurannya akan dikuras dan diturap. Ada juga pembangunan trotoar dan penghijauan sehingga bermanfaat bagi masyarakat umum,” tutupnya. Tajuli

Komentar

News Feed