oleh

Ini 25 Calon Terpilih Anggota DPRD Kubar Dalam Pemilu Serentak 2019

Kutai Barat, faktapers.id – Melalui Rapat Pleno Terbuka dan berdasarkan Surat Keputusan (SK ) Nomor : 83/HK.03.01-Kpt/PL.01.9/6407/KPU-Kab/VIII/2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, telah menetapkan Perolehan Kursi Partai Politik (Parpol) serta 25 Calon Terpilih Anggota DPRD Kubar dalam Pemilu Tahun 2019, Senin (5/8/19) di Gedung Serbaguna TP-PKK Kabupaten di Sendawar.

“Penetapan perolehan kursi parpol dan calon anggota DPRD terpilih berjalan lancar. Sesuai mekanisme dalam PKPU Nomor 5/2019,” urai Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye kepada wartawan usai acara itu.

Menurutnya, mekanisme dilakukan oleh KPU Kubar dalam rapat pleno terbuka itu diantaranya, membacakan suara sah, terkonfirmasi bahwa tidak ada perbedaan. Kemudian proses pembagian dalam metode, selanjutnya pembacaan dan penetapan calon terpilih.

“Yang ditetapkan KPU Kubar sama dengan disimulasi oleh peserta pemilu. Setelah penetapan oleh KPU ini, proses untuk pengajuan SK (Pelantikan) anggota DPRD terpilih ke Gubernur adalah melalui Bagian Pemerintahan di Pemkab Kubar,” urainya.

Ditambahkan Arkadius Hanye, segala keputusan dalam rapat pleno terbuka tersebut, berdasarkan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang bersifat final dan mengikat.

“Tahapan selanjutnya adalah KPU mengajukan permohonan untuk pelantikan calon anggota DPRD terpilih ke gubernur melalui bupati,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan melalui Asisten I Sekkab Kubar, Misran Effendi menjelaskan bahwa Pemkab Kubar berterima kasih atas kinerja KPU Kubar sebagai penyelenggara pemilu serentak (Pilpres dan Pileg) di Kubar berjalan sukses, aman dan kondusifitas masyarakat terjaga.

“Terima kasih kepada KPU Kubar yang mampu bersinergi dengan semua pihak, termasuk Polres, Kodim 0912/KBR, Bawaslu. Juga masyarakat se-Kubar yang menjaga situasi kamtibmas kondusif,” beber Misran Effendi.

Menurutnya, proses demokrasi di Kubar berjalan lancar. Mulai tahap pertama, hingga tahapan diumumkan perolehan suara dan penetapan calon terpilih DPRD oleh KPU Kubar.

“Secara proses di KPU telah selesaikan, selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Kaltim melalui Pak Bupati. Kita upayakan sore ini ( Senin sore, Rd,-) mengirm berkas ini untuk diterbitkan SK penetapannya,” ucapnya.

“Nah setelah diterbitkan SK Penetapan oleh Gubernur, itu kewenangan Sekretariat DPRD Kubar untuk memparipurnakan peresmian pelantikan anggota DPRD Kubar periode 2019-2024,” pupus Misran Effendi.

Perwakilan parpol peserta pemilu serentak 2019 di Kubar, DR Drs Yahya Marthan MM dari Partai Gerindra yang juga terpilih sebagai anggota DPRD Kubar periode 2019-2024, mengungkapkan bahwa ketika sudah disahkan nantinya, DPRD Kubar harus merapatkan barisan.

“Menyatukan pikiran dan langkah. Bekerja mendukung pelaksanaan pembangunan di Kubar. Karena DPRD adalah mitra pemerintah dan kepala daerah, jika ada kekurangan dari eksekutif, saya kira DPRD bisa menutupi dengan kelebihan-kelebihannya,” ucapnya.

“Bentuk dukungan itu tidak selalu ‘Yes’. Tetapi bisa dalam bentuk saran, pendapat, kritikan yang bersifat membangun,” pungkas Marthan.

Untuk diketahui, rapat pleno terbuka itu dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye SH, didampingi Komisioner KPU Kubar Rintar Pasaribu, Johanes Nuel, Simon Sebo Raga, Laurensius Lejau, dan Sekretaris KPU Samsuniq.

Hadir pula para Calon Terpilih Anggota DPRD Kubar, Ketua Bawaslu Risma, Kabag Ops Polres Kubar Kompol Sarman, Sejumlah OPD Kubar, Perwakilan Kejari Kubar, Perwakilan Pengadilan Negeri Kubar, dan Pimpinan Partai Politik peserta pemilu.

Berikut data 25 Calon Terpilih Anggota DPRD Kubar Periode 2019-2024 :

Daerah Pemilihan 1 :
1.Dr.Drs Yahya Marthan, MM (Gerindra, 560 suara), 2. Potit (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, 2.828 suara), 3. Yudi Hermawan (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, 1.663 suara), 4. Ipin S.Pd (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, 1.213 suara), 5. Jackson Jhon Tawi S.Sos (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, 1.079 suara), 6. H.Achmad Syaiful SH (Partai Golkar, 6.013 suara), 7. H.M Zainuddin SE (Partai Golkar, 961 suara), 8. Agus Sopian SE,M.Kes, Partai Nasdem, 610 suara), 9. Minarsih SE (Partai Perindo, 683 suara), 10. Rita Asmara Dewi SE (Partai Amanat Nasional, 825 suara), 11. Yelmianus Handian ( Partai Hanura, 1.679 suara), 12. Yansel (Partai Demokrat, 1.644 suara).

Daerah Pemilihan 2 :
1. Jainuddin SH (Gerindra, 1.316 suara
2. Ridwai SH (PDIP, 2.586 suara)
3. H.Suharna (Nasdem, 663 suara)
4. H.Ellyson ST (PKS, 2.012 suara)
5. H.Sopiansyah S.Pi (PAN, 1.152 suara)
6. Yono Rustanto Gamas (Hanura, 899 suara)
7. Paul Vius SH (Demokrat, 2.129 suara)

Daerah Pemilihan 3:
1. Syaparuddin (PKB, 1.199 suara)
2. Mahyudin (PDIP, 1.313 suara.
3. H.Yamhun Anwar (Golkar, 926 suara)
4. Arkadius Elly SH (PAN, 1.863 suara)
5. H.Aula (Hanura, 2.094 suara)
6. Noratim (Demokrat, 820 suara). Iyd

Komentar

News Feed