Headline

IPK Medan Kota Dukung Pengembangan Perekonomian Nasional di Sumut

×

IPK Medan Kota Dukung Pengembangan Perekonomian Nasional di Sumut

Sebarkan artikel ini

Medan, faktapers.id – Budi Marpaung selaku Ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Medan Kota, Menilai bahwa perekonomian Sumatera Utara pada triwulan I 2019 tumbuh kuat sebesar 5,30% (yoy). Stabilnya perekonomian terutama didorong oleh peningkatan konsumsi pemerintah dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT).

Peningkatan sejalan dengan tingginya realisasi belanja pemerintah dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019. Selain itu, impor yang melambat juga turut menjaga pertumbuhan ekonomi lebih lanjut. Secara sektoral, perekonomian Sumatera Utara ditopang oleh perbaikan kinerja Lapangan Usaha (LU) konstruksi dan stabilnya kinerja LU pertanian. LU konstruksi terakselerasi didorong oleh giatnya pembangunan proyek – proyek infrastruktur yang dilakukan Pemerintah. Sementara pertumbuhan LU pertanian ditopang oleh tingginya produksi tanaman pangan dan hortikultura.

“Stabilnya perekonomian Sumut terutama didorong oleh peningkatan konsumsi pemerintah dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT). Peningkatan sejalan dengan tingginya realisasi belanja pemerintah dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019” ungkap Budi Marpaung di Restoran Mbak Bolek Jl. Wajir No. 2 Kec. Medan Maimun, Medan (17/08/2019).

Memasuki triwulan II 2019, perekonomian diperkirakan tumbuh membaik didorong oleh akselerasi konsumsi rumah tangga dan investasi menjelang periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri. Selain itu, ekspor juga diperkirakan tumbuh meningkat sejalan dengan persediaan bahan baku yang mencukupi. Secara sektoral, pertumbuhan ekonomi didukung oleh peningkatan sektor – sektor utama.

Perekonomian Provinsi Sumatera Utara pada triwulan III 2019 diprakirakan tumbuh moderat di tengah perkembangan inflasi yang kembali meningkat dibanding triwulan sebelumnya. Moderasi ekonomi bersumber dari kembali normalnya permintaan konsumsi rumah tangga paska periode Ramadhan dan Lebaran, di tengah masih stabilnya investasi dan membaiknya net ekspor. Sementara itu, laju perubahan harga-harga secara umum masih meningkat yang disumbangkan oleh peningkatan tekanan inflasi komoditas bumbu-bumbuan, kelompok sandang, serta kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Secara keseluruhan tahun 2019, momentum perbaikan ekonomi diprakirakan terus berlanjut dengan capaian inflasi yang masih berada dalam rentang sasaran inflasi nasional Pasca Pilpres 2019. Optimisme perekonomian didukung oleh peningkatan pertumbuhan konsumsi pemerintah serta perbaikan net ekspor, di tengah kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi yang sedikit mengalami perlambatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ketua IPK Medan Kota mengapresiasi kinerja Polri dalam menjaga dan mengamankan Pilpres 2019 sehingga aman terkendali khususnya di wilayah Sumut, sehingga IPK turut mendukung Polri dalam mengawal pertumbuhan perekonomian di Sumut dengan ikut menjaga stabilitas Kamtibmas, guna meningkatkan minat investor dalam berinvestasi di wilayah Sumut, serta mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan program yang berkaitan dengan Perbankan nasional.

“IPK Medan Kota apresiasi kinerja Polri dalam pelaksanaan Pilpres 2019 di Sumut serta mendukung Polri dalam mengawal perekonomian di Sumut , dengan turut menjaga stabilitas Kamtibmas dalam rangka meningkatkan minat investor dalam berinvestasi di wilayah Sumut” pungkasnya. Ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *