Kamis, April 15, 2021
Beranda'Jam Lurah' di Pondok Labu
Array

‘Jam Lurah’ di Pondok Labu

Jakarta, faktapers.id – Untuk melestarikan budaya Betawi, Suku Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bersama warga Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan mengelar “Pergelaran Kesenian Pada Even-Even Tertentu”. Acara yang digelar pada puncak acara HUT ke- 74 Republik Indonesia dibuka oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, Sabtu, (24/8/2019) di Jl. H. Ipin kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Marullah menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut. Ia berharap kepada masyarakat agar mempertahankan, melestarikan dan mengembangkan kegiatan yang bertemakan budaya Betawi terus digelar.

“Terima kasih kepada Suku Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan yang sudah menyelenggarakan acara yang besar ini. Kami mendukung penuh, dan kami berharap budaya Betawi bukan saja dilestarikan, tapi ini harus terus dikembangkan. Sehingga budaya Betawi terus menerus ada terobosan. Kalau perlu diadakan setiap tahun,” ujar Marullah Matali.

Selain Wali Kota Jakarta Selatan. Pagelaran itu juga dihadiri tokoh Betawi. Antara lain adalah Beky Mardani, ketua umum LKB, Lembaga Kebudayaan Betawi.

Beky mengatakan, pihaknya juga akan mengikuti perkembangan jaman agar budaya Betawi tidak ditinggalkan oleh generasi milenial. Sehinga lembaganya membuat program JAm Lurah, “Jangan Ampe Lupain Sejarah”. Salah satu yang diupayakan Beky adalah dengan mendekati kalangan muda untuk melestarikan budaya wilayahnya beserta sejarah asal muasalnya.

“Ternyata sejarah nama Pondok Labu itu bukan seperti dugaan saya yang berasal dari buah Labu, ternyata bukan. Inilah pentingnya kita mengetahui sejarah budaya daerah masing-masing,” terang Beky.

Beky juga mengaharapkan, bahwa melalui Jam Lurah ini, tercipta ide-ide baru masyarakat Betawi amat banyak. Sehingga nanti ke depan, mereka akan terus mempertahankan, melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi. Her

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments