Senin, April 12, 2021
BerandaJangan Biasakan Minum Sambil Berdiri
Array

Jangan Biasakan Minum Sambil Berdiri

Faktapers.id – Minum air puti merupakan keharusan, karena kebutuhan dasar manusia Dikarenakan air menjaga manusia agar tetap terhidrasi dengan baik. Maka bila seseorang kekurangan cairan, pastinya beresiko terserang berbagai penyakit. Idealnya, setiap orang hendaknya minum hingga delapan gelas air setiap hari.

Akan tetapi Kita juga terkadang selalu meremehkan kebiasaan cara minum yqng dianggqp sepele dan biasa-biasa saja, namun ternyata juga punya efek negqtif bqgi kesehatan.

Perlu diketahui jika minum sambil berdiri ternyata kebiasaan yang salah memiliki banyak dampak buruk pada kesehatan.

Bahkan minum sambil berdiri juga tidak dianjurkan oleh ajaran agama maupun etika. Hal ini disebabkan karena dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring yang disebut dengan sfringer, yaitu kumpulan serabut otot yang bekerja untuk membuka dan menutup jalur alamiah pada tubuh.

Mau tahu bahaya apa saja yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kebiasaan minum sambil berdiri?

1. Hati-hati ! Minum Sambil Berdiri Bisa Merusak Sistem Pencernaan dan Menyebabkan Gangguan Pada Perut

Sebabnya ketika seseorang minum sambil berdiri, tenggorokan akan mengalami penyempitan dan berkerut. Lalu air akan masuk ke dalam tubuh dengan cepat tanpa melewati dinding usus dan menciprat ke dinding perut.

Efeknya cipratan ini bisa menyebabkan rusaknya sistem pencernaan dalam jangka panjang. Hal ini akan menyulitkan makanan untuk diproses dengan lancar pada jaringan pencernaan. Akibatnya, seseorang akan merasakan nyeri pada bagian perut, sehingga perut jadi kembung, mual dan merasa kurang nyaman.

2. Lambung Akan Sangat Terdampak Jika Kita Minum Sambil Berdiri

Saat kita minum sambil berdiri, lambung adalah organ tubuh yang paling terpengaruh dampak buruk. Hal ini disebabkan karena tekanan air yang diminum saat berdiri akan mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut dengan kenaikan asam lambung.

Berakibat asam dalam lambung yang seharusnya dapat diencerkan justru akan tercampur naik, sehingga akan menyebabkan sensasi panas di bagian perut. Selain itu, jika seseorang minum sambil berdiri, dinding lambung akan terkikis dan terluka. Padahal, lambung merupakan bagian yang sangat penting dalam pencernaan. Sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung, hal ini bisa membahayakan sistem pencernaan lainnya.

3. Jika Minum Sambil Berdiri, Kamu Berisiko Terkena Artritis Loh

Dampak buruk selanjutnya yang bisa dialami jika terlalu sering minum sambil berdiri adalah risiko terkena artritis. Artritis sendiri adalah peradangan pada salah satu atau lebih dari satu sendi. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan yang bisa memburuk seiring dengan bertambahnya usia.

Kenapa minum sambil berdiri bisa menyebabkan artritis? Karena minum sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, karena air yang masuk akan tersebar dan tidak disalurkan secara merata, termasuk ke bagian sendi.

Akibatnya, akan terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh yang kemudian menyebabkan artritis. Dan jika sudah terkena artritis, seseorang akan kesulitan untuk bergerak dengan bebas.

4. Hati-Hati, Saluran Kemih Bisa Terganggu Jika Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri

Minum air sambil berdiri ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Hal ini disebabkan karena minum sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal menjadi tidak normal.

Air yang mengalir langsung ke sistem pencernaan dapat menyebabkan tumpukan kotoran di ginjal dan kandung kemih. Akibatnya, saluran kemih akan mengalami gangguan. Jika kondisi ini dibiarkan saja dalam jangka panjang, ginjal bisa mengalami keram. **/uaa

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments