Rabu, April 14, 2021
BerandaJelang Idul Adha, Sudin KPKP Cek Kelaikan Hewan Kurban di Jakut
Array

Jelang Idul Adha, Sudin KPKP Cek Kelaikan Hewan Kurban di Jakut

Jakarta, faktapers.id – Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menggelar pengecekan kelaikan hewan kurban serentak di enam kecamatan. Pengecekan meliputi kebersihan tempat penampungan, perlakuan dan kesehatan hewan kurban.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara Rita Nirmala mengatakan, sejumlah tahap telah dilakukan menjelang lebaran Idul Adha 1440 Hijriah, mulai dari inventarisir data lokasi penampungan dan sosialisasi kepada para calon penjual hewan kurban. Saat ini, pihaknya tengah menjalankan proses pengecekan baik kebersihan tempat penyimpanan dan kesehatan hewan kurban tersebut di enam kecamatan di Jakarta Utara.

“Kita sudah mulai dari bulan lalu untuk menginventarisir lokasi penampungan dan memberikan sosialisasi calon penjual hewan kurban. Saat ini tengah dalam pengecekan ke lokasi penampungan hewan tersebut,” kata Rita, saat ditemui di SDN Sunter Jaya 01, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/8/19).

DIjelaskannya, pengecekan dilakukan lebih dari 50 petugas, termasuk melibatkan dokter hewan baik dari Sudin KPKP Jakarta Utara dan Dinas KPKP DKI Jakarta. Pola pengecekan dilakukan menyeluruh di enam kecamatan, dimana data telah dienventarisir sebelumnya.

Ada 50 petugas lebih yang kita sebar di seluruh wilayah Jakarta Utara. Melibatkan petugas Aparatur Sipil Negara (ASN) dokter hewan dan ahli dari sarjana peternakan,” jelasnya.

Di Kecamatan Koja, pengecekan kelaikan hewan kurban sudah dilakukan pada 22 lokasi penampungan. Rata-rata hewan kurban yang dijual sudah tergolong laik jual dengan kondisi kesehatan yang stabil. Termasuk dengan dilengkapinya surat keterangan sehat dari lokasi asal hewan kurban.

“Kami juga memberikan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) dan memasang spanduk kelaikan hewan kurban di tempat penampungan. Ini untuk merekomendasikan masyarakat bahwa hewan kurban yang dijual laik untuk dikurbankan,” tutup Liza Engalika, Kepala Satuan Pelaksana Kecamatan Koja, Sudin KPKP Jakarta Utara. Tajuli

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments