Kamis, April 15, 2021
BerandaLingkungan RW 01 Rorotan Wakil Jakut Dalam Proklim Tingkat Nasional
Array

Lingkungan RW 01 Rorotan Wakil Jakut Dalam Proklim Tingkat Nasional

Jakarta, faktapers.id – Lingkungan pemukiman RW 01 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing terpilih sebagai salah satu lokasi verifikasi program kampung iklim tingkat nasional. Beragam kegiatan berbasis lingkungan sudah dijalankan oleh warga diantaranya penghijauan (gang hijau), urban farming, tanaman obat keluarga, pengelolaan sampah (bank sampah), komposting, biopori. Kemudian budidaya perikanan serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Suasana asri kemudian warganya yang sangat peduli terhadap pengelolaan lingkungan membuat RW 01 terpilih sebagai RW percontohan dan mewakili Jakarta Utara dalam penilaian verifikasi program kampung iklim tingkat nasional,” tutur Idham Mugabe, Lurah Rorotan saat membuka kegiatan rembuk warga program kampung iklim di Kantor RW 01 Perumahan Green Garden Kelurahan Rorotan, Kamis (29/8).

Program kampung iklim memiliki tujuan untuk mengurangi pemanasan global. Gerakan dari masyarakat bersama pemerintah dan stakeholder untuk melakukan sesuatu dalam penanganan lingkungan sangat dibutuhkan.

“Ada 3 lokasi di Jakarta Utara yang masuk dalam penilaian verifikasi program kampung iklim tingkat nasional yaitu RW 01 Rorotan, RW 03 Kelapa Gading Timur dan RW 05 Rawa Badak Selatan. Sebelumnya RW 01 Sunter Jaya berhasil mendapatkan juara dalam program kampung iklim tingkat nasional,” terang Yudi Sumarsono, Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Ia berharap lingkungan RW 01 Kelurahan Rorotan bisa seperti RW 01 Sunter Jaya yang meraih prestasi dalam program kampung iklim tingkat nasional. “Selain lingkungan yang asri, masyarakatnya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Didukung oleh pemerintah dan stakeholder sama-sama bergerak menata lingkungan,” ujarnya.

Dalam kegiatan rembuk warga program kampung iklim juga dilakukan penandatanganan komitmen oleh semua unsur masyarakat, pemerintah dan stakeholder sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan lingkungan RW 01 Rorotan sebagai kampung iklim tingkat nasional. Tajuli

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments