Minggu, April 11, 2021
BerandaMistisMengenal Ciri-ciri Seorang Penipu

Mengenal Ciri-ciri Seorang Penipu

Faktapers.id – Kepercayaan adalah sebuah harta yang diberikan orang ke kehidupan kita. Sebagaimana sebuah harta, kita harus menjaga supaya tidak ada yang mencuri dan tidak menjadi sebuah permasalahan di kehidupan kita.

Bentuk dari penipuan zaman sekarang sudah mulai beragam, mulai dari yang berbentuk SMS, Telefon Berhadiah, E-Mail dari lembaga yang tidak jelas, bahkan berbentuk Phishing, yang nantinya akan meminta informasi dari kita untuk kemudian dia gunakan untuk Hack akun kita dan digunakan untuk kriminalitas.

Cybercrime adalah salah satu jenis perilaku criminal yang sedang marak di dunia maya, khususnya di media sosial. Modusnya banyak sekali, mulai dari meminta netizen untuk klik link yang tidak jelas, yang akan mengarahkan pengguna ke sebuah website yang meminta informasi tertentu, sampai dengan mengajak orang lain untuk menyebarkan kabar gembira tentang hadiah yang tidak masuk akal, yang dapat diperoleh tanpa melakukan apapun.

Caranya tetap sama, pengguna akan diminta untuk membuka link yang sudah diberikan, lalu tanpa sepengetahuan pengguna, ia telah menjadi korban cybercrime. Maka berhati – hatilah apabila anda dimintai informasi pribadi seperti misalkan nomor Hp, nama lengkap, bahkan hal yang sangat rahasia seperti username dan password, apalagi nomor rekening bank.

Adapun bentuk lain dari cybercrime adalah dengan menyebar berita palsu atau yang kita kenal sebagai Hoax. Berita palsu dibuat dengan tujuan untuk menyudutkan salah satu pihak atau saingan, adapun tujuan lainnya adalah untuk mengajak orang untuk ikut meyakini dan menjerumuskan orang pada kepalsuan.

Biasanya Hoax dibuat pada saat sebuah kasus sedang aktual, dan disebarkan ke sebuah halaman, atau kalangan yang diyakini akan sependapat dengan yang menulis Hoax tersebut. Orang – orang yang tidak kritis, cenderung langsung percaya pada berita yang ia dapat, dan sesuai dengan jalan pikirannya. Ini sangat disayangkan sekali, karena orang yang kurang kritis adalah korban dari mereka yang suka membuat Hoax.

Penipu sangat lihai untuk mempermainkan emosi kita. Bukan dengan cara membuat kita marah, bukan dengan cara membuat kita semangat, namun dengan cara membuat kita Percaya bahwa dia adalah orang yang tepat, yang bisa menjanjikan kebahagiaan dan mungkin kekayaan di masa depan.

Penipu mendekati korban yang kurang percaya diri dan kurang menghargai diri sendiri.

Mereka memberi kepercayaan palsu, dengan cara meminjam uang dan mengembalikannya, namun kemudian tanpa kita sadari, mereka meminjam dalam jumlah besar dan kita pun memberikannya.

Penipu akan mencoba mengasingkan korbannya, dan tidak memperbolehkan korbannya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ini adalah salah satu cara penipu untuk menjaga kepercayaan sang korban pada semua kebohongannya.

Korban dari penipuan, biasanya adalah seseorang yang tidak keberatan untuk berbagi dengan sesama. Orang yang memiliki sifat seperti ini adalah sasaran empuk para penipu, karena para korban tidak akan memikirkan apa yang telah ia berikan kepada orang lain.

Penipu yang lihai akan bisa menggunakan segala cara untuk mempertahankan kepercayaan kita kepadanya, dan yang lebih berbahaya lagi, penipu ulung adalah mereka yang pintar mendengarkan, dan menunggu informasi – informasi penting keluar dari mulut si korbannya.

Maka jagalah privasi anda, jagalah informasi pribadi yang penting dalam kehidupan anda. Penipu memang tidak begitu banyak dalam kehidupan sehari — hari, namun dalam dunia maya, dimana semua akun bisa dipalsukan, mungkin salah satu dari mereka adalah orang yang sangat dekat dengan anda. Bijaklah dalam menerima seseorang yang baru. Baik dalam dunia maya, ataupun realita. Kita tidak bisa mencurigai semua orang, itu benar.

Fakta mengatakan bahwa tidak semua orang yang kita kenal adalah seorang penipu, ini akan sedikit membingungkan dan membuat kita pusing untuk membedakan manakah yang menipu, dan mana yang bukan penipu. Namun, selama kita tetap bisa menjaga privasi kita, dan semua informasi yang penting dan pokok dalam kehidupan kita, maka kita akan tetap aman. Tetaplah waspada dan siaga, jangan pernah mau dipisahkan dengan teman dan keluarga yang sudah kita kenal baik selama bertahun – tahun, dan marilah kita selalu memiliki informasi tentang bantuan terdekat yang bisa kita hubungi. sumber  Leonheart

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments